Show simple item record

dc.contributor.advisorProf. r. Muhammad yacub, M.eden_US
dc.contributor.authorTitut S.Een_US
dc.date.accessioned2010-03-19T10:48:45Z
dc.date.available2010-03-19T10:48:45Z
dc.date.issued2008-05-07T00:00:00Zen_US
dc.identifier.otherSundarien_US
dc.identifier.urihttp://repository.usu.ac.id/handle/123456789/6844
dc.description04012581en_US
dc.description.abstractProblems investigated in this research are : I) not enough information that Kesdam I/BB Hospital is open to the public (non-soldiers' family/TNI), 2) not enough information about quantity and quality of the hospital staff, hospital facilities, supporting facilities for the hospital services and administrative services. This research is held at Kesdam I/BB Hospital, Medan with the public patients as informants; the choice is based on the low frequency visit of the public patients to the hospital. Seventy informants are surveyed using qualitative approach. The result of the research shows that 67,1% of the informants get the information that the hospital is open to the public, not only to the soldiers and family; 80% say that the hospital staff are good; 40% say that the hospital facilities are good; 44,3% state that the medical supporting service is good; 45,7% state that administrative service is good; 38,6% have perception that the hospital service, seen from the staffs aspect, facilities, medical supporting facilities and administrative service, are good. To increase the public patient, visit to the hospital, it is necessary to improve the service, especially the staff's attitude in curing the patients; it is necessary to give enough information through mass media and brosures; further researches about what factors influence the patients perception on other variables are suggested to be done.en_US
dc.description.abstractMasalah yang ditelusuri dalam penelitian ini adalah: 1) belum optimalnya informasi bahwa RS Kesdam I/BB menerima pasien umum (bukan keluarga tentara/TNI), 2) tidak cukup informasi tentang kuantitas dan kualitas pegawai, fasilitas rumah sakit, fasilitas penunjang untuk pelayanan rumah sakit, dan pelayanan administrasi. Penelitian ini dilaksanakan di Rumah Sakit Kesdam I/BB Medan, dengan mengambil informasi pasien umum, penentuan lokasi tersebut berdasarkan rendahnya pasien umum yang berobat ke Rumah Sakit Kesdam I/BB Medan. Jumlah pasien umum yang diteliti berjumlah 70 orang. Penelitian ini menggunakan survei dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian diketahui persentase pasien umum yang mendapatkan informasi bahwa RS Kesdam I/BB menerima pasien nmum dati tentara sebesar 67,1%, Sebesar 80,0% informasi menyatakan pegawai rumah sakit pada kategori baik, Sebesar 40,0% informasi menyatakan fasilitas rumah sakit pada kategori baik, Sebesar 44.3% informasi menyatakan pelayanan penunjang medik rumah sakit pada kategori baik, Sebesar 45,7% informasi menyatakan pelayanan administrasi rumah sakit pada kategori baik, Sebesar 38,6% informasi mempunyai persepsi terhadap pelayanan rumah sakit dilihat dari aspek pegawai rumah sakit, fasilitas rumah sakit, pelayanan penuniang medik serta pelayanan administrasi di RS Kesdam I/BB Medan pada kategori baik. Untuk meningkatkan kunjungan pasien umum ke RS Kesdam I/BB Medan perlu peningkatan pelayanan kesehatan di RS Kesdam I/BB Medan terutama dari aspek sikap petugas dalam memberikan perawatan dan pengobatan, perlu dilakukan penyebarluasan informasi tentang RS Kesdam yang menerima pasien melalui media atau metode sosialisasi lain seperti penyebaran leaflet/brosur serta perlu penelitian lebih lanjut tentang faktor yang mempengaruhi persepsi pasien dirumah sakit, diluar variabel yang telah diteliti pada penelitian ini.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectpersepsi pasien umumen_US
dc.subjectpelayanan kesehatanen_US
dc.titlePersepsi Pasien Umum Terhadap Pelayanan Rumah Sakit Kesdam I/BB Medanen_US
dc.typeMaster Thesesen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record