Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Ade Fatma Lubis, MAFIS, MBA, Aken_US
dc.contributor.authorRifwani Gumulyaen_US
dc.date.accessioned2010-03-19T10:48:44Z
dc.date.available2010-03-19T10:48:44Z
dc.date.issued2008-04-21T00:00:00Zen_US
dc.identifier.otherSundarien_US
dc.identifier.urihttp://repository.usu.ac.id/handle/123456789/6842
dc.descriptionD0400032en_US
dc.description.abstractRumah Sakit Umum Mina Padi sebagai sebuah rumah sakit pertama milik swasta di daerah Tk. II Kabupaten Simalungun Sumatera Utara, mengalami beberapa permasalahan yang mendasar, dimana berdasarkan pengamatan tingkat efisiensi dan pemanfaatan sarana pelayanan kesehatan yang masih rendah, serta sistem manajerial dalam menyusun strategi pemasaran belum tertata dengan baik sesuai dengan kondisi rumah sakit saat ini. Situasi ini telah menolong penulis untuk merumuskan suatu strategi pemasaran yang sesuai dengan Rumah Sakit Umum Mina Padi melalui pendekatan analisis SWOT. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Analisis penelitian meliputi analisis kualitatif dan analisis SWOT untuk menentukan posisi ini penentuan posisi rumah sakit serta penyusunan rencana strategi pemasaran yang sesuai. Hasil penelitian menunjukkan RSU Mina Padi memiliki nilai skor kekuatan 0,81 dan total skor kelemahan 1,79 sehingga untuk sumbu x didapat nilai - 0,98 yang berarti faktor kelemahan lebih besar dari faktor kekuatan yang ada. Hasil analisa eksternal menunjukkan bahwa total skor peluang sebesar 0,93 dan total skor ancaman 1,75 sehingga sumbu y mendapatkan nilai skor – 0.82 yang berarti faktor ancaman lebih besar dari faktor peluang yang dimiliki RSU Mina Padi. Hasil ini menunjukkan posisi RSU Mina Padi dalam diagram Cartesius berada dalam kuadran empat sehingga strategi pemasaran yang sesuai saat ini adalah strategi bertahan hidup dengan meminimalkan kelemahan dan menghindari ancaman.en_US
dc.description.abstractMina Padi as the first private general hospital in Simalungun Regency of North Sumatera has basical problems in which on the observation, efficiency and utility of health service facility was still relatively lower and even managerial system for preparation of marketing strategy was not well-structured according to the present condition of such a hospital. It has motivated the writer to formulate a marketing strategy in coincidence with Mina Padi General Hospital through SWOT Analysis. This study included qualitative descriptive approach using primary and secondary data. The analysis involved qualitative and SWOT analyses for determination of position of the hospital and a proper marketing strategy planning. The result of study showed that Mina Padi General Hospital has strength score of 0.181 and total weakness score of 1.79 that there was a value of -0.98 for x axis, meaning that the weakness was higher than the existing strength. The result of external analysis showed that the total possibility score was of 0.93 and the total threat score of 1.75 that the y axis has the score of -0.82 , meaning that the threat factor was higher than opportunity owned by the Mina Padi General Hospital. It indicated that the Mina Padi's position in Cartesius diagram was in the fourth quadrant that the proper marketing strategy nowdays was survival strategy by minimizing the weakness and avoiding any possible threat.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectrencana strategien_US
dc.subjectmanajemen pemasaranen_US
dc.subjectrsu mina padi pematang siantaren_US
dc.titleRencana strategi manajemen pemasaran RSU Mina Padi Pematang Siantaren_US
dc.typeMaster Thesesen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record