Pegaruh Corporate Social Responsibility(Csr) Terhadap Citra Perusahaan Pada Pt. Indonesia Asahan Aluminium (Persero) (Studi Pada Masyarakat Kabupaten Batubara)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh seiring perkembangan waktu
perusahaan dituntut untuk bertanggung jawab secara sosial. Ini terjadi karena
selain terdapat ketimpangan ekonomi antara pelaku usaha dan masyarakat
disekitarnya, kegiatan usaha sering memberi dampak negatif bagi lingkungan. Hal
inilah
yang
melatarbelakangi
munculnya
konsep
Corporate
Social
Responsibilities
(CSR).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
apakah variabel
Corporate
Social Responsibility
(CSR) pada Kecamatan Sei Suka, Medang Deras, dan Air
Putih berpengaruh Terhadap Citra Perusahaan Pada PT. Indonesia Asahan
Aluminium (Persero) (Studi Pad
a Masyarakat Kabupaten Batubara).
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kausal (sebab akibat)
dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Masyarakat
Kabupaten Batubara. Data dikumpulkan melalui metode kuesioner terhadap 100
responden
. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan
dengan teknik
Non Probability Sampling
dengan pendekatan
purposive sampling
.
Jenis datanya adalah data primer dan data sekunder. Tekhnik Analisis data yang
digunakan adalah Uji Instrumen yaitu Uji Validitas dan Uji Reliabilitas, Metode
Analisis Data yaitu Regresi Linear Sederhana dan Uji Non Parametrik dengan
Korelasi Linear Sederhana. Dan Pengujian Hipotesis dengan Uji T (Parsial) dan
Koefisien Determinasi (R
2
).
Berdasarkan hasil uji parsial (t) pada Kecamatan Sei Suka dan Kecamatan
Air Putih, variabel
Corporate Social Responsibility
(X) secara parsial memiliki
pengaruh dan nyata (signifikan) terhadap variabel Citra Perusahaan.
Kemudian
pada Kecamatan Medang Deras
,
variabel
Corporate Social Responsibility
(X)
secara parsial tidak memiliki pengaruh dan tidak signifikan terhadap variabel
Citra Perusahaan. Selanjutnya pada hasil perhitungan korelasi linear sederhana
(product moment correlation),
diperoleh nilai r :
0.756 pada Kecamatan Sei
Suka.
Hasil tersebut menunjukkan korelasi antara
Corporate Social
Responsibility
(CSR) dengan Citra Perusahaan memiliki hubungan yang Sangat
Kuat
dan bentuk hubungannya adalah Linear Positif.
Kemudian r : 0.500 pada
Kecamatan Air Putih
berarti hasil tersebut memiliki hubungan yang
Kuat
dan
bentuk hubungannya adalah Linear Positif. Sedangkan pada Kecamatan Medang
Deras diperoleh nilai r :
-0,084 berarti hasil tersebut
Tidak memiliki hubungan
yang k
uat
dan bentuk hubungannya adalah Linear Negatif. This research is motivated by the company over the development time
required to be socially responsible. This happens because in addition there are
economic disparities between businesses and surrounding communities,
businesses often have a negative impact on the environment. It is what lies behind
the emergence of the concept of Corporate Social Responsibilities (CSR).
This study aims to determine whether the variable Corporate Social
Responsibility (CSR) in
Kecamatan Sei Suka, Medang Deras,
and
Air Putih
influential Against Corporate Image
to
PT. Indonesia Asahan Aluminium
(Persero)
(Studies of Society Batubara).
This type of research is the study of causal (causal) with a quantitative
approach. The population in this study is
Studies of Society Batubara
.
Data were
collected through questionnaires to 100 respondents. The sampling technique in
this research is done with the technique of Non-Probability Sampling with
purposive sampling approach. Type of data is primary data and secondary data.
Data analysis technique used is Test Instrument is Validity and Reliability Test,
Data Analysis Method is Simple Linear Regression and Non Parametric Test with
Simple Linear Correlation. And Hypothesis Testing with Test T (Partial) and the
coefficient of determination
(R2).
Based on the results of the partial test
(t)
in
Kecamatan Sei Suka and Air
Putih,
variable Corporate Social Responsibil
ity
(X)
partially have a real influence
and (significantly) to variable Corporate Image. Then in the
Kecamatan Medang
Deras,
variable Corporate Social Responsibility
(X)
partially not have a
significant effect on the variable and Corporate Image. Furthermore, the results
of simple linear correlation calculation (product moment correlation), the value
of r:
0756 in Kecamatan Sei Suka.
The results showed a correlation between
Corporate Social Responsibility (CSR) and Corporate Image has a relationship
Powerful and Positive forms of relationship is linear. Then r:
0.500 Kecamatan
Air Putih
means the results have strong relationships and relationships are Linear
Positive form. While in the
Kecamatan Medang Deras
values obtained r:
-0.084
means that the results are not to have a strong relationship and the relationship of
each Linear Negative.