Pengaruh Discount Terhadap Perilaku Impulse Buying (Studi Pada Konsumen Ria Busana Jl.Gatot Subroto )
Abstract
Dalam dunia bisnis promosi adalah salah satu hal yang sangat diperlukan. Salah satu jenis promosi yang sudah sangat banyak digunakan adalah pemberian discount. Perusahaan mengharapkan dengan discount tersebut bisa meningkatkan penjualan dan dengan discount tersebut juga akan tercipta respon konsumen, yang berupa perilaku impulse buying atau pembelian yang dilakukan tanpa rencana terlebih dahulu oleh konsumen.
Penelitian ini berjudul Pengaruh Discount Terhadap Perilaku Impulse Buying (Studi Pada Konsumen Ria Busana Jl.Gatot Subroto). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh discount terhadap perilaku impulse buying pada konsumen Ria Busana jl.Gatot Subroto.
Penelitian ini merupakan adalah jenis penelitian asosiatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini berjumlah 97 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan cara menyebarkan kuisioner kepada para reponden yang merupakan konsumen Ria Busana jl.Gatot Subroto. Teknik penentuan skor pada penelitian ini adalah dengan menggunakan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrumen yaitu uji validitas dan uji realibilitas serta uji normalitas data. Metode analisis yang digunakan adalah uji regresi linear sederhana, uji hipotesis (uji t) serta uji koefisien determinasi (R2).
Hasil penelitian menunjukan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, hal ini menunjukan bahwa discount berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku impulse buying pada konsumen Ria Busana jl.Gatot Subroto, dan pengaruhnya adalah sebesar 15,4% , sedangkan In business, promotion is one thing that’s needed. One type of promotion has been very widely used is the provosion of discount.The company expects with the discount can increase sales and with the discount will also create consumer response, in the form of impulse buying behaviour or purchase made without a plan in advance by the consumer.
This research entitled Effect Of Discount On Impulse Buying Behaviour (Study Ini Ria Busana Jl.Gatot Subroto). The purpose of this study was to determine the effect of dicount on the behaviour of impulse buying on consumer Ria Busana jl.Gatot Subroto.
This research is a kind of research is associative by using a quantitative approach. Samples in this study amounted to 97 people. Data collection techniques in this research is by distributing questionnaires to the respondents who are consumers Ria Busana jl.Gatot Subroto. Mechanical scoring in this research is by using likert scale. Data analysis technique used is the test instrument is the validity and realibility test and normality test data. The analytical method used is simple linear regression, hypothesis testing (t test) and test the coefficient of determination (R2)
The results showed that Ha is accepted and H0 is rejected, this shows that the discount positive and significant effect on the behaviour of impulse buying in the consumer Ria Busana Jl.Gatot Subroto, and its influence is by 15,4% while the rest influenced by other variables.