• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers (SP)
    • Social Sciences and Politics
    • SP - Administrasi Negara
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers (SP)
    • Social Sciences and Politics
    • SP - Administrasi Negara
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kinerja Pelayanan Publik dalam Pembuatan Sertifikat Hak Milik Atas Tanah (Studi pada Kantor Pertanahan Nasional Kota Tebing Tinggi)

    Thumbnail
    View/Open
    Reference (139.4Kb)
    Chapter III-VI (301.1Kb)
    Chapter II (143.2Kb)
    Chapter I (298.4Kb)
    Abstract (118.3Kb)
    Cover (406.7Kb)
    Date
    2017
    Author
    Octaviani, Ribka
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penilaian kinerja dapat menjadi suatu tolak ukur dalam menentukan keberhasilan suatu organisasi dalam hal pencapaian tujuan organisasi. Salah satu jenis pelayanan yang diberikan pemerintah kepada masyarakat adalah pelayanan sertifikasi tanah. Hal ini mengingat bahwa hak atas tanah merupakan salah satu hak yang dimiliki oleh manusia. Hak-hak Atas Tanah dimaksud memberi kewenangan untuk mempergunakan tanah, bumi dan air serta ruang angkasa yang ada diatasnya sekedar diperlukan untuk kepentingan yang langsung berhubungan dengan penggunaan tanah itu sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengkaji pelayanan publik dalam pembuatan sertifikasi tanah di Kantor Pertanahan Nasional Kota Tebing Tinggi. Rumusan masalah yang digunakan adalah Bagaimana Kinerja Pelayanan Publik dalam Pembuatan Sertifikat Hak Milik Atas Tanah di Kantor Pertanahan Nasional Kota Tebing Tinggi ? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara, dokumentasi dan observasi. Wawancara dilakukan kepada pihak terkait yang berhubungan dengan obyek penelitian, yaitu Kepala Kantor, Kepala Seksi Hak Tanah dan Pendaftaran Tanah, Petugas Loket, dan Masyarakat pemohon Hak Milik atas Tanah. Dokumentasi dilakukan terhadap dokumen maupun buku-buku pedoman yang berhubungan dengan topik penelitian. Observasi yaitu melakukan pengamatan langsung mengenai pelayanan di Kantor Pertanahan Kota Tebing Tinggi. Kinerja pelayanan publik dalam pelayanan dalam pembuatan sertifikat hak milik atas tanah di Kantor Badan Pertanahan Nasional Kota Tebing Tinggi, bisa dikatakan telah memenuhi dimensi atau pun tolak ukur atas teori yang penulis gunakan. Adapun penulis menggunakan lima indikator yakni produktivitas, kualitas layanan, responsivitas, responsibilitas, dan akuntabilitas. Hal ini dapat dilihat dengan upaya Kantor Pertanahan Nasional memenuhi Standar Prosedur Operasi Pengaturan dan Pelayanan. Kantor pertanahan nasional Kota Tebing Tinggi sudah bekerja dengan mencapai target Standar Prosedur Operasi Pengaturan dan Pelayanan.
    URI
    http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/65111
    Collections
    • SP - Administrasi Negara [344]

    University of Sumatera Utara Institutional Repository (USU-IR)
    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsSubjectsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsSubjectsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    University of Sumatera Utara Institutional Repository (USU-IR)
    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV