• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers (SP)
    • Social Sciences and Politics
    • SP - Administrasi Negara
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers (SP)
    • Social Sciences and Politics
    • SP - Administrasi Negara
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Efektifitas Pelayanan Publik di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman (Studi Kasus Pelayanan Administrasi Pembuatan Akta Kelahiran)

    Thumbnail
    View/Open
    Reference (177.4Kb)
    Chapter III-VI (545.3Kb)
    Chapter II (153.8Kb)
    Chapter I (257.7Kb)
    Abstract (118.7Kb)
    Cover (292.4Kb)
    Date
    2017
    Author
    Rahmadani, Sonia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pada dasarnya semua masyarakat membutuhkan pelayanan, bahkan dapat dikatakan bahwa pelayanan tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan masyarakat.Pelayanan publik cenderung menjadi konsep yang sering digunakan oleh banyak pihak, baik dari kalangan praktisi maupun ilmuwan, dengan makna yang berbeda-beda.Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil adalah suatu lembaga resmi pemerintah yang menangani hal-hal yang menyangkut peristiwa kependudukan. Dari berbagai pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil tersebut salah satunya adalah pelayanan terhadap kelahiran. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Efektivitas Pelayanan Akta Kelahiran di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman dilihat dari indikator standar pelayanan yaitu prosedur pelayanan, biaya pelayanan, waktu pelayanan, produk pelayanan, sarana prasarana dan kompetensi pegawai. Adapun penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan wawancara dan observasi. Informan dalam penelitian ini terdiri dari informan kunci, informan utama dan informan tambahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelayanan pembuatan Akta Kelahiran yang dirasakan oleh masyarakat sudah efektiv, karena prosedur pelayanan mudah, waktu pelayanan cepat dan biaya pelayanan yang sudah digratiskan. Namun masih terdapat indikator standar pelayanan yang belum dapat dikatakan efektif yaitu pada sarana dan prasarana, sehingga Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil harus lebih berupaya dalam meningkatkan mutu pelayanan terutama penyediaan fasilitas terkait penyelenggaraan pelayanan administrasi Akta Kelahiran.
    URI
    http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/65056
    Collections
    • SP - Administrasi Negara [344]

    University of Sumatera Utara Institutional Repository (USU-IR)
    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsSubjectsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsSubjectsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    University of Sumatera Utara Institutional Repository (USU-IR)
    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV