• Login
    View Item 
    •   Home
    • Master Theses (MT)
    • Multidicipline
    • MT - Magister Manajemen
    • View Item
    •   Home
    • Master Theses (MT)
    • Multidicipline
    • MT - Magister Manajemen
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan WOM (Word of Mouth) Pasien Rawat Jalan di RSUP H. Adam Malik Medan

    Thumbnail
    View/Open
    Appendix (681.8Kb)
    Reference (241.0Kb)
    Chapter III-VII (951.9Kb)
    Chapter II (257.1Kb)
    Chapter I (231.9Kb)
    Abstract (177.1Kb)
    Cover (460.9Kb)
    Date
    2016
    Author
    Wijaja, Elly
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Rumah Sakit Umum Pusat H. Adam Malik Medan adalah Rumah Sakit milik Pemerintah Pusat yang secara teknis berada di bawah Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI. Berdasarkan data yang didapatkan dari Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik Medan, terlihat bahwa kepuasan pelanggan atas pelayanan rawat jalan di RSUP Haji Adam Malik mengalami penurunan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat jalan di RSUP Haji Adam Malik Medan, untuk mengevaluasi pengaruh kualitas pelayanan terhadap WOM (Word of Mouth) pasien rawat jalan di RSUP Haji Adam Malik Medan, dan untuk mengevaluasi pengaruh kepuasan pasien terhadap WOM (Word of Mouth) pasien rawat jalan di RSUP Haji Adam Malik Medan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kualitas layanan jasa (SERVQUAL) yang terdiri dari 5 (lima) dimensi kualitas layanan, yaitu : Tangible, Assurance, Reliability, Responsiveness, dan Empathy. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Kuesioner dibagikan kepada 100 orang pasien yang sedang menjalani rawat jalan di instalasi poli lantai 3 (tiga) RSUP H. Adam Malik Medan dengan metode pengambilan sampel secara aksidental. Analisis data menggunakan model analisis jalur dengan uji F (simultan) dan uji t (parsial) dengan tingkat kepercayaan 95%. Dari hasil analisis, diperoleh bahwa pengaruh Tangible, Assurance, Reliability, Responsiveness, dan Empathy terhadap Kepuaan Pasien secara simultan adalah 66%. Sedangkan sisanya 34% dipengaruhi oleh faktor lain. Dan pengaruh Tangible, Assurance, Reliability, Responsiveness, Empathy dan Kepuasan terhadap Word Of Mouth (WOM) secara simultan adalah 66,9%. Sedangkan sisanya 33,1% dipengaruhi oleh faktor lain. Dari uji F, diperoleh bahwa ada pengaruh yang signifikan dari kualitas layanan yang terdiri dari Tangible (X1), Assurance (X2), Reliability (X3), Responsiveness (X4), dan Empathy (X5) secara bersama-sama terhadap kepuasan pasien rawat jalan di RSUP H. Adam Malik Medan. Dan ada pengaruh yang signifikan dari Kepuasan Pasien dan kualitas layanan yang terdiri dari Tangible (X1), Assurance (X2), Reliability (X3), Responsiveness (X4), dan Empathy (X5) secara bersama-sama terhadap Word of Mouth (WOM) pasien rawat jalan di RSUP H. Adam Malik Medan. Dari uji t diperoleh bahwa variabel Tangible secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien, sedangkan variabel Assurance, Reliability, Responsiveness, dan Empathy secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien. Dan variabel Assurance, Responsiveness, Empathy, dan Kepuasan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Word Of Mouth (WOM) pasien.
    URI
    http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/64977
    Collections
    • MT - Magister Manajemen [166]

    University of Sumatera Utara Institutional Repository (USU-IR)
    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsSubjectsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsSubjectsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    University of Sumatera Utara Institutional Repository (USU-IR)
    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV