Pengaruh Efikasi Diri, Motivasi, Dan Lokasi Terhadap Keberhasilan Usaha (Studi Kasus Pada Pengusaha di Pusat Industri Kecil Jalan Medan Denai) Medan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri, motivasi dan lokasi terhadap keberhasilan usaha tekstil jalan Denai Kota Medan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanasi asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pemilik usaha tekstil jalan Denai Kota Medan berjumlah 32 orang. Pengumpulan data menggunakan data primer dan data kuesioner. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan nilai signifikansi α = 5% (0.05).
Secara simultan efikasi diri, motivasi dan lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha, dengan nilai Fhitung 9,858 > nilai Ftabel 2,95. Secara parsial, efikasi diri, motivasi dan lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha, dimana nilai thitung variabel efikasi diri adalah 2,642 nilai thitung variabel motivasi 3,184 adalah dan thitung variabel lokasi 1,678, dimana masing-masing lebih besar dari nilai ttabel sebesar 2.04841.
Nilai AdjustedR Square yang didapat dari hasil pengujian Koefisien Determinan (R2) terhadap keberhasilan usaha sebesar 0,462 menjelaskan bahwa 46,2% keberhasilan usaha mampu dijelaskan oleh efikasi diri, motivasi dan lokasi terhadap keberhasilan usaha tekstil jalan Denai Kota Meda. Sedangkan sisanya 53,8% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. This study aims to determine the effect of self-efficacy, motivation and location towards textile business success in Medan Denai road.
This type of this research is explanatory associative research. The population in this study contain the textile business owner of Medan Denai roads amounted 32 people. Collecting data using primary data and questionnaire data. Multiple regression analysis used to test the hypothesis in this study with α = 5% (0.05) significant value.
Simultaneously, self-efficacy, motivation and location of positive and significant effect towards the success of the business, with F table value of F 9.858> 2.95. Partially, self-efficacy, motivation and location have the positive and significant effects towards the success of the business, where tcalculate self-efficacy variable was 2,642 tcalculate motivation variable is 3.184 and 1.678 tcalculate location variables, each of which is greater than the value ttable 2.04841.
Adjusted R Square value obtained from the test results Determinant coefficient (R2) to business success by 0,462 46.2% explained that the success of the business is able to be explained by self-efficacy, motivation and the location of the road to business success textile Denai Medan. While the remaining 53.8% is explained by other variables not examined in this study.
Collections
- SP - Management [2453]