Show simple item record

dc.contributor.advisorRumapea, Melanthon
dc.contributor.authorPasaribu, Charisma Parhimpunan Agung
dc.date.accessioned2016-01-07T01:20:40Z
dc.date.available2016-01-07T01:20:40Z
dc.date.issued2016-01-07
dc.identifier.otherEra Salida
dc.identifier.urihttp://repository.usu.ac.id/handle/123456789/54824
dc.description100907039en_US
dc.description.abstractWord of mouth marketing strategy is one of the powerful marketing communication strategies and the most interesting that can be used by all companies, especially for home industry business. UD. Mitra Cahaya is a home industry business in the manufacture of batik theme of North Sumatera are located in Medan Tembung area. The purpose of this research was to analyze the role of word of mouth marketing strategy in selling batik theme of North Sumatera UD. Mitra Cahaya and analyze the effectiveness of word of mouth marketing strategy in selling batik theme of North Sumatera UD. Mitra Cahaya. In addition, the purpose of this research was to find another alternative marketing communication strategies to do UD. Mitra Cahaya in the sale of batik theme of North Sumatera. In this research, the method used is descriptive method with qualitative approach. Informants in this research are divided into three groups. Key informant is the owner of UD. Mitra Cahaya, mayor informant is manager of UD. Mitra Cahaya and additional informant is consumers of UD. Mitra Cahaya. Data collections techniques used in the first two kinds of primary data collection techniques by conducting observation and interviews, while the second is the secondary data collection techniques with the collection of literature and documentation. Data analysis techniques used in this research is descriptive data analysis techniques. Based on the results of the research, the role of word of mouth marketing strategy has been going well and is very effective in the sales of batik theme of North Sumatera UD. Mitra Cahaya. It can be seen where consumers tell, promote, recommend and sell batik theme of North Sumatera to other prospective customers. Consumers who do this are satisfied with the batik theme of North Sumatera UD. Mitra Cahaya. Reseacher has found another alternative marketing communication strategies that can be done by UD. Mitra Cahaya is to do the packaging in the form of catalog, brochures, business cards, banners, billboards, ads and interesting jargon.en_US
dc.description.abstractStrategi word of mouth marketing merupakan salah satu strategi komunikasi pemasaran yang ampuh dan paling menarik yang dapat digunakan oleh semua perusahaan khususnya untuk usaha industri rumahan.UD.Mitra Cahaya merupakan sebuah usaha industri rumahan dalam bidang pembuatan batik motif Sumatera Utara yang berada di daerah Medan Tembung. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peranan strategi word of mouth marketing dalam penjualan batik motif Sumatera Utara UD.Mitra Cahaya dan menganalisis keefektifan strategi word mouth marketing dalam penjualan batik motif Sumatera Utara UD. Mitra Cahaya. Selain itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari alternatif strategi komunikasi pemasaran lain yang dapat dilakukan UD. Mitra Cahaya dalam penjualan batik motif Sumatera Utara. Pada penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif.Informan dalam penelitian ini terbagi menjadi tiga kelompok.Informan kunci yaitu pemilik UD. Mitra Cahaya, informan utama yaitu pengelola UD. Mitra Cahaya dan informan tambahan adalah para konsumen UD. Mitra Cahaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan ada dalam dua macam yaitu yang pertama teknik pengumpulan data primer dengan melakukan observasi dan wawancara, sedangkan yang kedua adalah teknik pengumpulan data sekunder dengan pengumpulan kepustakaan dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah teknik analisis data deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, peranan strategi word of mouth marketing sudah berjalan dengan baik dan sangat efektif dalam penjualan batik motif Sumatera Utara UD. Mitra Cahaya. Hal ini dapat dilihat dimana para konsumen menceritakan, mempromosikan, merekomendasikan dan menjual batik motif Sumatera Utara kepada calon konsumen lainnya.Para konsumen yang melakukan hal ini adalah mereka yang puas terhadap batik motif Sumatera Utara UD. Mitra Cahaya.Peneliti telah menemukan alternatif strategi komunikasi pemasaran lainnya yang dapat dilakukan oleh UD. Mitra Cahaya adalah dengan melakukan pengemasan berupa membuat katalog, brosur, kartu nama, spanduk, baliho, iklan dan jargon yang menarik.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectWord of mouth marketingen_US
dc.subjectPenjualanen_US
dc.subjectKomunikasi Pemasaranen_US
dc.titlePeranan Strategi Word of Mouth Marketing dalam Penjualan Batik Motif Sumatera Utara (Studi pada UD. Mitra Cahaya Jl. Letda Sudjono Gg. Al Halim Kiri No. 1 Kecamatan Medan Tembung, Kota Medan)en_US
dc.typeStudent Papersen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record