Pengaruh Kelompok Referensi, Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Warung Internet di Kawasan Jl. Dr. Mansyur Padang Bulan, Medan (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Sumatera Utara)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Kelompok Referensi, dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa di Kawasan Jl. Dr. Mansyur Padang Bulan, Medan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis kuantitatif yang terdiri dari uji regresi linier berganda dengan menggunakan uji t, uji F dan koefisien determinasi (R2). Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu studi dokumentasi, wawancara, dan kuesioner. Penelitian ini menggunakan 81 responden sebagai sampel penelitian. Hasil uji F menunjukan bahwa Kelompok referensi, dan Gaya Hidup secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan Terhadap Keputusan Penggunaaan Jasa Warung Internet di kawasan Jl. Dr. Mansyur Padang Bulan, Medan pada Mahasiswa Universitas Sumatera Utara. Berdasarkan uji t bahwa variabel Kelompok Referensi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan penggunaan jasa warnet di kawasan Jl. Dr. Mansyur Padang Bulan, Medan, dan Gaya Hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan jasa warnet di kawasan Jl. Dr. Mansyur Padang Bulan, Medan. Analisis koefisien determinan (R2) dilihat dari Adjusted R2 sebesar 12,4 % yang berarti variabel terikat yaitu keputusan pembelian dapat dijelaskan dengan menggunakan variabel bebas yaitu kelompok referensi, dan gaya hidup The objective of the research was to find out and to analyze the influence of reference group and lifestyle on the decision to use the service of Internet Cafes on Jl. Dr. Mansyur, Padang Bulan, Medan. The data were analyzed by using descriptive quantitative method which consisted of multiple linear regression analysis, t-test, F-test, coefficient determination (R2). The data consisted of primary and secondary data, gathered by conducting documentary study, interviews, and questionnaires. The samples were 81 respondents. The result of F-test showed that reference group and lifestyle simultaneously had positive and significant influence on the students’ decision to use the service of Internet Cafes on Jl. Dr. Mansyur, Padang Bulan. The result of t-test showed that the variable of reference group had positive and insignificant influence on decision to use the service of Internet Stands, and lifestyle had positive and significant influence on decision to use the service of Internet Cafes on Jl. Dr. Mansyur, Padang Bulan, Medan. The analysis of coefficient determination (R2), viewed from Adjusted R2 of 12.4% indicated that dependent variable (decision to buy) could be explained by using independent variables (reference group and lifestyle).
Collections
- SP - Management [2453]