Show simple item record

dc.contributor.advisorNababan, Esther S. M.
dc.contributor.advisorSawaluddin
dc.contributor.authorLorenza, Nadya
dc.date.accessioned2015-12-21T08:49:30Z
dc.date.available2015-12-21T08:49:30Z
dc.date.issued2015-12-21
dc.identifier.otherEra Salida
dc.identifier.urihttp://repository.usu.ac.id/handle/123456789/53944
dc.description100803021en_US
dc.description.abstractPermasalahan pengoptimalan merupakan permasalahan yang sering dihadapi oleh setiap perusahaan, instansi, atau industri. Penelitian ini membahas aplikasi metode branch and bound dalam pengoptimalan jumlah truk pengangkut sampah. Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Padang tidak memiliki metode tertentu yang pasti dalam menentukan jumlah truk yang beroperasi. Oleh karena itu, perlu diteliti apakah jumlah truk yang beroperasi selama ini sudah optimal atau belum. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode branch and bound. Penelitian ini ditinjau berdasarkan jumlah bahan bakar yang digunakan, jumlah ritasi, jumlah truk, dan kuota berat sampah tiap truk. Hasil penelitian diperoleh bahwa jumlah masing-masing truk (truk arm roll, dump truck, truk kayu, truk kecamatan, truk dinas pasar, truk swasta dan LSM) adalah 21, 16, 4, 6, 7, dan 6 buah truk. Dengan penghematan biaya bahan bakar sebesar Rp160.000,00 per hari.en_US
dc.description.abstractThe problem of optimization frequently is a problem that happened in some companies, instances, or industries. This research works through the application of branch and bound method in optimizing the amount of trash transportation truck. Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Padang does not have a specific method to determine the amount of trash transportation truck that operates every day. Therefore, it would need to make a research about this case, the amount of trash transportation up till now has been optimum or not. The method that is used to solve this case is branch and bound method. The research is observed by the amount of the fuel of each truck, the amount of points, the amount oh the trucks, and the amount of haulage of each truck. The outcome of this research shows that the amount of each truck (arm roll truck, dump truck, wood truck, sub district truck, market service truck, private and LSM truck) is 21, 16, 4, 6, 7, and 6 trucks. And the cost-saving of fuel cost is Rp160.000,00 per day.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMetode Branch And Bounden_US
dc.subjectPengoptimalanen_US
dc.titleMetode Branch And Bound Dalam Pengoptimalan Jumlah Truk Pengangkut Sampah (Studi Kasus: Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Padang)en_US
dc.typeStudent Papersen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record