Hubungan Pelaksanaan Problem Based learning (PBL) dengan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa S1 Angkatan 2014 Fakultas Keperawatan USU
Abstract
Pembelajaran merupakan salah satu kegiatan pokok setiap perguruan tinggi.
Pembelajaran diperguruan tinggi tidaklah sama dengan pembelajaran di tingkat
pendidikan dasar maupun di tingkat pendidikan menengah. Problem based
learning (PBL) adalah suatu pembelajaran yang dirancang untuk mengembangkan
kemampuan mahasiswa dalam berfikir kritis, analitis dan untuk menemukan serta
menggunakan sumber daya yang sesuai untuk belajar. Penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif korelatif yang bertujuan untuk
mengetahui hubungan antara pelaksanaan problem based learning (PBL) dengan
kemampuan berpikir kritis mahasiswa S1 reguler angkatan 2014 Fakultas
Keperawatan USU. Jumlah responden sebanyak 137 orang mahasiswa yang
diambil dengan teknik total sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara
pengisian kuesioner dan memperoleh data primer mengenai hasil observasi
pelaksanaan PBL mahasiswa. Teknik analisa data dengan menggunakan
Spearman. Data dari hasil penelitian ini diketahui sebanyak 95 orang (69,4%)
melaksanakan problem based learning (PBL) dengan baik dan 82 orang (59,9%)
cenderung berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi positif
yang signifikan antara pelaksanaan problem based learning (PBL) dengan
kemampuan berpikir kritis mahasiswa S1 reguler angkatan 2014 Fakultas
Keperawatan USU (ρvalue = 0,032), dengan nilai koefisien korelasi 0,184 dengan
interpretasi sangat lemah. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan
pelaksanaan problem based learning (PBL) akan mempengaruhi kemampuan
berpikir mahasiswa didalam proses pembelajaran. Oleh sebab itu semakin baik
pelaksanaan problem based learning (PBL) yang dilakukan maka semakin
meningkat kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Learning is one of the principal activities in higher education. Learning in the
college level is not the same as learning in the elementary or high school level.
Problem-Based Learning (PBL) is learning which is designed to develop student’s
ability to think critically and analytically and to find and use appropriate source
for learning. The research used quantitative method with descriptive correlation
design in order to find out the correlation between the implementation of PBL and
S1 regular student’s ability to think critically in the academic year of 2014, the
Faculty of Nursing, USU. The samples were 137 respondents, taken by using total
sampling technique. The data were gathered by distributing questionnaires and
analyzed by using Spearman test. Primary data were the result of observation in
the implementation of PBL. The result of the research showed that 95 respondents
(69.4%) implemented PBL well and 82 respondents (59.9%) tended to think
critically. It was also found that there was positive and significant correlation
between the implementation of PBL and student’s ability to think critically in S1
regular program (pvalue = 0.032 and r = 0,184) with weak interpretation. The
conclusion of the research was that the implementation of PBL could influence
student’s ability to think critically in the learning process. Therefore, the better
the implemetation of PBL was, the more increasing the student’s ability to think
critically.
Collections
- SP - Nursing [1400]