USU-IR Home    USU Library        Feedback

USU Institutional Repository » Master Theses (MT) » Economics » MT - Management »

Please use this identifier to cite or link to this item:

http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/4277


Title: Analisis Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Kuliah Pada Business College Lembaga Pendidikan Dan Pengembangan Profesi Indonesia (Lp3i) Medan
Authors: Nasution, Perys Laili Khodri
Advisors: Fauzi, Amrin
Rismayani
Issue Date: 29-Aug-2008
Abstract: Business College LP3I Medan, menganggap strategi bauran pemasaran jasa merupakan hal yang penting untuk pengelola Business College LP3I Medan. Strategi bauran pemasaran jasa dari lembaga pendidikan tinggi merupakan sebagai faktor utama dalam mempengaruhi keputusan memilih mahasiswa, mengharuskan Business College LP3I Medan harus bertindak professional dalam setiap aktivitasnya. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh strategi bauran pemasaran jasa yang terdiri dari ; produk/program studi, harga/uang SPP, promosi, lokasi, orang, proses,dan pelayanan terhadap keputusan mahasiswa memilih Business College LP3I Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi bauran pemasaran jasa terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih kuliah pada Business College LP3I Medan. Teori yang digunakan adalah manajemen pemasaran jasa dan perilaku pembelian konsumen yang berkaitan dengan keputusan pembelian konsumen. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, daftar pertanyaan dan studi dokumentasi. Jumlah sampel penelitian ini adalah sebanyak 205 siswa dan digunakan teknik penarikan sampel dengan Metode Proportionate Stratified Random Sampling, yang menyebar pada lima program studi. Data dikumpulkan menggunakan kuisioner dengan satuan pengukuran skala likert. Pendekatan dalam penelitian ini adalah studi kasus yang dilakukan di Business College LP3I Medan dengan mengumpulkan data mengenai faktor-faktor yang terkait dengan variabel penelitian. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Sifat penelitian ini adalah ingin memperoleh gambaran tentang suatu keadaan dan persoalan serta menginterpretasikannya. Hasil uji F hitung dari uji serempak sebesar 3,142 lebih besar dari nilai F tabel sebesar 2,64, dimana hal ini menunjukkan bahwa variabel produk (program studi), harga (uang SPP), promosi, lokasi, proses, orang, dan pelayanan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih kuliah pada Business College LP3I Medan. Secara parsial nilai signifikansi sebesar 0,551 lebih kecil dari taraf nyata ? = 0,05, berarti “Faktor harga (uang SPP) tidak berpengaruh kuat terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih Business College LP3I Medan”. Artinya harga (uang SPP) sebagai salah satu kebijakan bauran pemasaran yang telah dilakukan oleh Business College LP3I Medan tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih Business College LP3I Medan. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bauran pemasaran yang terdiri dari produk (program studi), harga (uang SPP), promosi, lokasi, proses, orang, dan pelayanan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih kuliah pada Business College LP3I Medan dapat diterima.
Abstract (other language): Educational Institution and Profession Development of Indonesia (LP3I) Business College, Medan, assumes that Marketing Mix Services is important thing for LP3I Business College Management. The Marketing Mix Services from Higher Education Institution as main factor in influencing the students decisions to choose their study place. Therefore, LP3I Business College Medan should act professionally in its daily activities. The formulation problem in this research is to find out how the influence of marketing mix services strategy consisting of products, prices, promotions, place, people, processes, and services, toward the students decisions to determine LP3I Business College Medan as their study place. The research objectivity is to find out which factor of the marketing mix services variables is dominant towards the students decisions. The theory applied is the marketing management services and consumers purchasing behaviour related to their decision to do purchasing. Technic of collecting data is through interviews, questionaires, and documentation study. The number of research samples is 205 students, meanwhile data collected based on proportionate stratified random sampling and used questionaires from 205 respondent in five study programs. Then, the research instruments used is a likert scale. Type of this research is quantitative descriptive. The objectives of this research is to obtain the description of a conditions and problems then interpreted them. Result of these statistical analysis showed that have the F calculated was 3.142 is bigger than the F-table which was 2.64, showing that the products, prices, promotions, place, people, processes, and services factors has a significant influence on students decisions is to choose their study place at LP3I Business College Medan. Then partially, significant value was 0,551 is smaller than (? = 0.05), explaining that price variabel has no strong influence toward students decision to choose their study place at LP3I Business College Medan, it means that the price is as variable of marketing mix strategy at LP3I Business College Medan has no influence toward students decision. The research conducted, it is concluced that marketing mix consisting products, prices, promotions, place, people, processes and services have a very significant influence toward the students decisions to choose their study places at LP3I Business College Medan is acceptable.
URI: http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/4277
Appears in Collections:MT - Management

Files in This Item:

File Description SizeFormat
08E00070.pdfMaster Theses789.86 kBAdobe PDFView/Open
 

Items in USU-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.