Pengaruh Modal Kerja Terhadap Likuiditas Pada Perusahaan Otomotif Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI)
Abstract
This research aim to to know what there is influence of working capital to likuidity at company automotive enlisted in Effect Exchange Indonesia (BEI). Variable used in this research is working capital as independent variable and likuidity consisted of by the current ratio, quick ratio, and cash ratio as variable dependent.
Sum up the existing population in this research amount to 17 company automotive enlisted in Effect Exchange of Indonesia of during Year 2007 s/d 2011. Sample obtained amount to 15 company automotive enlisted in Effect Exchange Indonesia (BEI). Totally is data used is 75 sample. Type of research data used is data secondary. Research data taken by in the form of financial statement at company automotive published in Effect Exchange Indonesia (BEI).
Method analyze the data used in research is simple analyze regresi by conducting classic assumption test beforehand. Test the classic assumption used is test normality, test the multicoliniearity, test the autocorelation, and test the heteroscedastisity. Is hereinafter done by a hypothesis examination. Hypothesis examination used is by conducting test-t to know the influence of working capital to likuidity by partial and test-F to know the influence of working capital to likuidity by simultant / overall of variable in the research. Research data processed by using SPSS Statistic 17. Research result indicate that the working capital don't have the influence significant to likuidity by partial and by simultant / entirety at company automotive enlisted in Effect Exchange Indonesia (BEI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh modal kerja terhadap likuiditas pada perusahaan otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Variabel yang digunakan dalam penelitian adalah modal kerja sebagai variabel independen dan likuiditas yang terdiri dari rasio lancar (current ratio), rasio cepat (quick ratio), dan rasio kas (cash ratio) sebagai variabel dependen.
Jumlah populasi yang ada dalam penelitian ini berjumlah 17 perusahaan otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama Tahun 2007 s/d 2011. Sampel yang diperoleh berjumlah 15 perusahaan otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Dengan total data yang digunakan adalah 75 sampel. Jenis data penelitian yang digunakan adalah data sekunder. Data penelitian yang diambil berupa laporan keuangan perusahaan otomotif yang diterbitkan di Bursa Efek Indonesia (BEI).
Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis regresi sederhana dengan melakukan uji asumsi klasik terlebih dahulu. Uji asumsi klasik yang digunakan adalah uji normalitas, uji multikoliniearitas, uji autokorelasi, dan uji heteroskedastisitas. Selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah dengan melakukan uji-t untuk mengetahui pengaruh modal kerja terhadap likuiditas secara parsial dan uji-F untuk mengetahui pengaruh modal kerja terhadap likuiditas secara simultan / keseluruhan variabel-variabel dalam penelitian tersebut. Data penelitian yang diolah dengan menggunakan SPSS Statistic 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modal kerja tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap likuiditas secara parsial dan secara simultan / keseluruhan pada perusahaan otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).
Collections
- SP - Accountancy [4203]