Analisis Pengaruh Pelatihan Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Coca-Cola Bottling Indonesia Northern Sumatra Operation
Abstract
PT Coca-Cola Bottling Indonesia Northern Sumatra Operation yang berlokasi di Jalan Medan Belawan Km 14,3 Medan adalah perusahaan yang memproduksi dan sekaligus memasarkan beberapa jenis minuman ringan untuk wilayah Sumatra Utara, Aceh dan Batam. Dalam upaya meningkatkan kinerja pegawai, PT Coca-Cola Bottling Indonesia Northern Sumatra Operation mengadakan program pelatihan sesuai dengan kebutuhan pegawai, serta menerapkan konsep-konsep kecerdasan emosional dalam pekerjaan sehari-hari karyawan. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Sejauhmana pengaruh pelatihan, dan kecerdasan emosional terhadap kinerja pegawai pada PT Coca-Cola Bottling Indonesia Northern Sumatra Operation, (2) Sejauhmana pengaruh penilaian kebutuhan, rancangan, penyampaian, dan evaluasi terhadap pelatihan karyawan pada PT Coca-Cola Bottling Indonesia Northern Sumatra Operation,dan (3) Sejauhmana pengaruh kesadaran diri, manajemen diri, kesadaran sosial, dan manajemen hubungan terhadap tingkat kecerdasan emosional karyawan pada PT Coca-Cola Bottling Indonesia Northern Sumatra Operation.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan survei, dan jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Adapun sifat dari penelitian adalah penjelasan. Jumlah sampel yang digunakan terdiri dari 97 orang pegawai. Model analisis data yang digunakan untuk menjawab Hipotesis pertama dan kedua adalah Analisis Regresi Berganda, menggunakan taraf kepercayaan sebesar 95 persen.
Hasil penelitian uji Hipotesis Pertama menunjukkan pelatihan dan kecerdasan emosional secara serempak berpengaruh sangat signifikan terhadap kinerja pegawai pada PT Coca-Cola Bottling Indonesia Northern Sumatra Operation, dan secara parsial pelatihan berpengaruh lebih dominan daripada kecerdasan emosional. Selanjutnya pengujian Hipotesis Kedua menunjukkan Penilaian Kebutuhan, Rancangan, Penyampaian, dan Evaluasi berpengaruh sangat signifikan terhadap pelatihan karyawan PT Coca-Cola Bottling Indonesia Northern Sumatra Operation, dan dan secara parsial Pelaksanaan berpengaruh lebih dominan daripada Penilaian Kebutuhan, dan Rancangan dan Evaluasi. Hipotesis Ketiga menunjukan Kesadaran Sosial, Kesadaran Diri, Manajemen Diri, Manajemen Hubungan secara serempak berpengaruh sangat signifikan terhadap kecerdasan emosional karyawan PT Coca-Cola Bottling Indonesia Northern Sumatra Operation. Secara parsial dapat juga dikatakan bahwa Kesadaran Sosial berpengaruh lebih dominan daripada Manajemen Diri, Kesadaran Diri, dan Manajemen Hubungan dalam menjelaskan variabel kecerdasan emosional (Y2). Artinya, variabel Kesadaran Sosial lebih menentukan dalam pelaksanaan pelatihan karyawan pada PT Coca-Cola Bottling Indonesia Northern Sumatra Operation.
Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Tingkat pengaruh yang sangat signifikan memiliki makna bahwa pegawai dapat lebih meningkatkan kinerja setelah mendapatkan pelatihan yang diselenggarakan perusahaan. Selain itu, kecerdasan emosional yang diterapkan oleh karyawan juga dapat memberikan dorongan untuk meningkatkan kinerja. (2) Penilaian Kebutuhan, Rancangan, Pelaksanaan, dan Evaluasi senantiasa mempengaruhi pelaksanaan pelatihan yang diberikan perusahaan. (3) Kesadaran Sosial, Kesadaran Diri, Manajemen Diri, Manajemen Hubungan akan selalu mempengaruhi kecerdasan emosional seorang karyawan. PT Coca-Cola Bottling Indonesia Northern Sumatra Operation located in Medan Belawan Km. 14.3 Medan is a company that manufactures and sell several types of soft drinks in North Sumatra, Aceh and Batam. In an effort to improve the employees’ performance, PT Coca-Cola Bottling Indonesia Northern Sumatra Operation conducted training in accordance with the needs of the employees, and applied the emotional quotient concepts in the employees’ daily work. The formulation of research problem are: (1) how far the influence of the training, and emotional quotient on employees’ performance at PT Coca-Cola Bottling Indonesia Northern Sumatra Operation, (2) How Far the influence of the needs assessment, design, delivery, and evaluation of the employees training on PT Coca-Cola Bottling Indonesia Northern Sumatra Operation and (3) How far is the influence of self- awareness, self management, social awareness and relationship management on the level of emotional quotient of the employees at PT Coca-Cola Bottling Indonesia Northern Sumatra Operation.
The sample for this descriptive quantitative study with survey approach consisted of 97 employees. The data used to answer the first and second hypothesis were analyzed through multiple regression analysis with level of confidence 95 percent.
The result of the first hypothesis test showed the training of emotional quotient simultaneously significant influence on the performance of employees at PT Coca-Cola Bottling Indonesia Northern Sumatra Operation, and partially dominant influence of training on emotional quotient. Then The second hypothesis shows need assessment, design, delivery and evaluation are highly significant influence on employee training of PT Coca-Cola Bottling Indonesia Northern Sumatra Operation, and the partial implementation of the more dominant influence on the assessment of needs, and design and evaluation. The third hypothesis shows Social Awareness, Self awareness, Self Management, Relationship Management simultaneously significant influence on the emotional quotient of the employees of PT Coca-Cola Bottling Indonesia Northern Sumatra Operation. Partially it can also be said that the Social awareness was more dominant influence than Self Management, Self Awareness, and Management of the relationship in explaining the emotional quotient variable (Y2). This means that social awareness variable is more decesive in the implementation of employee training at PT Coca-Cola Bottling Indonesia Northern Sumatra Operation.
The conclusion of the research are : (1) The level of the significant influences showed that employees can further improve their performances after entering a hosted company training. In addition, Emotional quotient applied by the employees can also be encouraged to improve performance. (2) Needs Assessment, Design, Implementation, and Evaluation always determine the implementation of the training provided by the company. (3) Social Awareness, Self-awareness, Self- management, Relationship management will always affect the employee's Emotional quotient.
Collections
- MT - Management [509]