Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Wisatawan Berkunjung ke Taman Hutan Raya Bukit Barisan Tongkoh
Abstract
Taman Hutan Raya Bukit Barisan Tongkoh sebagai salah satu daerah tujuan wisata alam di Provinsi Sumatera Utara mengalami persaingan yang ketat dengan daerah tujuan wisata lainnya. Berdasarkan data yang ada, jumlah kunjungan wisatawan ke selama 3 tahun terakhir tidak mencapai target kunjungan wisatawan. Hal ini dikarenakan belum optimalnya pengembangan dan pemanfaatan potensi ekowisata berdasarkan zona serta kurangnya pemasaran.
Sesuai dengan permasalahan tersebut, dilakukan penelitian yang berjudul “Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Wisatawan Berkunjung ke Taman Hutan Raya Bukit Barisan Tongkoh” dengan membuat perumusan masalah, yaitu: Bagaimana pengaruh bauran pemasaran (marketing mix) yang terdiri dari variabel: Produk (Product), Harga (Price), Promosi (Promotion), Tempat (Place), Orang (Person), Pendukung Fisik (Physical Evidence) dan Proses (Process) terhadap Keputusan Wisatawan Berkunjung ke Taman Hutan Raya Bukit Barisan Tongkoh.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif, dengan cara penyebaran daftar pertanyaan (questionaire) mengenai análisis bauran pemasaran yang digunakan terhadap keputusan wisatawan berkunjung ke Taman Hutan Raya Bukit Barisan Tongkoh. Sampel penelitian diambil dari populasi wisatawan yang berkunjung ke Taman Hutan Raya Barisan Tongkoh.
Dari hasil penelitian diperoleh, nilai R sebesar 0,607 menunjukkan korelasi yang erat antara bauran pemasaran dengan keputusan wisatawan berkunjung ke Taman Hutan Raya Bukit Barisan Tongkoh. Nilai koefisien determinasi (R Square) dari hasil penelitian diperoleh sebesar 0,369. Artinya 36,9% keputusan berkunjung wisatawan dipengaruhi oleh bauran pemasaran. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa variabel keputusan pembelian (Y) secara parsial dipengaruhi oleh Produk (X1) dengan nilai koefisien sebesar 0,340, Harga (X2) dengan nilai koefisien 0,104, Tempat (X3) dengan nilai koefisien sebasar 0,314 dan Orang (X5) dengan nilai koefisien sebesar 0,014. Sedangkan untuk variabel Promosi (X4) dengan nilai koefisien sebesar 0,073, Pendukung Fisik (X6) dengan nilai koefisien sebesar 0,013, serta Proses (X7) dengan nilai koefisien sebesar 0,170 secara tidak signifikan mempengaruhi secara parsial.
Collections
- MT - Magister Manajemen [174]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Inventarisasi Anggrek Terestial di Hutan Pendidikan Bagian Timur Kawasan Taman Hutan Raya Bukit Barisan Tongkoh Kabupaten Karo Sumatera Utara
Amantha P, Ulinar (2015-10-26)Penelitian ini bertujuan untuk menginventarisasi jenis anggrek yang terdapat di Hutan Pendidikan bagian Timur TAHURA Bukit Barisan Tongkoh Kabupaten Karo. Penentuan lokasi pengamatan dilakukan dengan menggunakan metode ... -
Inventarisasi Anggrek Terestial di Hutan Pendidikan Bagian Timur Kawasan Taman Hutan Raya Bukit Barisan Tongkoh Kabupaten Karo Sumatera Utara
Amantha P, Ulinar (2015-10-23)Penelitian ini bertujuan untuk menginventarisasi jenis anggrek yang terdapat di Hutan Pendidikan bagian Timur TAHURA Bukit Barisan Tongkoh Kabupaten Karo. Penentuan lokasi pengamatan dilakukan dengan menggunakan metode ... -
Analisis Hujan Pada Hutan Pinus di Taman Hutan Raya Bukit Barisan Tongkoh Kabupaten Karo Berdasarkan Model Keseimbangan Air
Pardede, Riauli Anggriani (2015-06-22)Analisis hujan pada hutan pinus di Taman Hutan Raya Bukit Barisan Tongkoh Kabupaten Karo berdasarkan model keseimbangan air, dibimbing oleh Sumono dan Nazif Ichwan. Model keseimbangan air disusun bertujuan untuk memperoleh ...