Hubungan Antara Gambaran Tubuh Dengan Harga Diri Pria
Abstract
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif korelasional yang
bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan antara gambaran tubuh dengan
harga diri pada pria. Penelitian ini melibatkan 120 orang pria dari Medan,
Pekanbaru, Jakarta, dan Bandung yang berusia antara 18-40 tahun sebagai subjek
penelitian. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel insidental
(accidental sampling).
Alat ukur dalam penelitian ini adalah skala gambaran tubuh dari
dimensi Cash (dalam Seawell & Danorf-Burg, 2005), dimensinya antara lain
evaluasi penampilan, orientasi penampilan, kepuasan terhadap bagian tubuh,
kecemasan menjadi gemuk, dan pengkategorian ukuran tubuh, terdiri dari 24
aitem dengan reliabilitas 0,874 and skala harga diri dari komponen Coopersmith
(dalam Burn, 1998), komponennya antara lain diterima, perasaan mampu, dan
perasaan berharga, terdiri dari 24 aitem dengan reliabilitas 0,856.
Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan dengan menggunakan
teknik korelasi produk momen pearson (pearson product moment), diketahui
bahwa hasil koefisien korelasi sebesar 0,325 dengan nilai signifikansi sebesar
0,000 ( p < 0,05). Dari hasil perhitungan tersebut terbukti bahwa hipotesis
penelitian ini diterima. Hasil tersebut menunjukkan adanya hubungan yang
signifikan antara gambaran tubuh dengan harga diri pada pria. Saran yang
diberikan peneliti kepada subjek adalah agar subjek dapat tetap mempertahankan
gambaran tubuhnya yang positif tersebut sehingga memiliki harga diri yang
tinggi. This research using correlational quantitative study aimed to find out
the relationship between body image and self-esteem in men. This research
involved 120 men from Medan, Pekanbaru, Jakarta, and Bandung aged between
18-40 years as a sample. Sampling method was done by using accidental
sampling technique.
The instruments of this research is body image scale from Cash
dimensions (in Seawell & Danorf-Burg, 2005), the dimensions are appearance
evaluation, appearance orientation, body area satisfaction, overweight
preoccupation, and self-classified weight, consist of 24 items with reliability 0,874
and self-esteem scale from Coopersmith components (in Burn, 1998), the
components are feeling of belonging, feeling of competence, and feeling of worth,
consist of 24 items with reliability 0,856.
According to analysis done using pearson product moment correlation
technique, it is known that the correlation coefficient of 0.325 with a significance
value of 0.000 (p < 0,05). From the results of these calculations proved that this
research hypothesis acceptable. The results showed a significant relationship
between body image and self-esteem in men. Advice given by writer to the subject
is for the subject to maintain his positive body image so that he has high selfesteem.
Collections
- SP - Psychology [723]