Pengaruh Intellectual Capital terhadap Kinerja Perusahaan Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia Tahun 2007-2010
Abstract
Industri barang konsumsi sebagai salah satu industri terbesar di Bursa Efek Indonesia yang merupakan sektor pendukung pertumbuhan ekonomi. Perusahaan yang tergabung ke dalam industri barang konsumsi memiliki tingkat persaingan yang tinggi, sehingga menuntut kinerja perusahaan yang selalu prima agar unggul dalam persaingan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh Intellectual Capital terhadap kinerja perusahaan industri barang konsumsi di Bursa Efek Indonesia selama empat tahun, 2007 - 2010 yang diukur dengan metode Value Added Intellectual Coefficient (VAIC™). Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI tahun 2007 sampai dengan tahun 2010, yaitu sebanyak 34 (tiga puluh empat) perusahaan, dan yang menjadi target populasi sesuai dengan kriteria penelitian ini adalah 20 perusahaan.
Metode analisis data yang digunakan adalah analisis Value Added Intellectual Coefficient (VAIC™). Metode (VAIC™) dikembangkan oleh Ante Pulic pada tahun 1997. Hasil penelitian ini menghasilkan bahwa pada alpha 5% Intellectual Capital sebagai variabel bebas serta Ukuran Perusahaan dan Leverage sebagai variabel kontrol berpengaruh secara simultan terhadap kinerja perusahaan yang terdiri dari Return On Assets, Assets Turn Over dan Market Book Value Ratio perusahaan industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Secara parsial, hipotesa pertama menghasilkan bahwa Intellectual Capital sebagai variabel bebas dan Leverage sebagai variabel kontrol berpengaruh terhadap Return On Assets, hipotesa kedua menghasilkan bahwa Intellectual Capital sebagai variabel bebas serta Ukuran Perusahaan dan Leverage sebagai variabel kontrol berpengaruh terhadap Assets Turn Over, dan hipotesa ketiga menghasilkan bahwa Intellectual Capital sebagai variabel bebas serta Ukuran Perusahaan dan Leverage sebagai variabel kontrol berpengaruh Market Book Value Ratio. Consumption things industry is the greatest industry in Indonesian Stock Exchange that is a support sector for the economic growth. Some company that is included to consumption industry has a great competition level, demand the best effort in order to maintain best quality in the competition.
The aim of this research was to know the influence of the Intellectual Capital to the effort of the consumption things industry in Indonesian Stock Exchange for four years, 2007-2010 which measured Value Added Intellectual Coefficient (VAIC™) method. The population of this research was consumption things industry company that is listed in Indonesian Stock Exchange. The sample was taken by using the purposive sampling method. The population was 34 (thirty four) which is taken from consumption things industry company that is listed in Indonesian Stock Exchange, and the sample was 20 (twenty) companies with the best effort and had complete financial report that are listed in Indonesian Stock Exchange from 2007 to 2010. The evaluation of the hypothesis was done by using multiple linear regression.
The data analysis method was done by using Value Added Intellectual Coefficient (VAIC™) method. The method (VAIC™) was developed by Ante Pulic on 1997. The result of this research showed that Intellectual Capital as independent variable and Laverage as dependent variable which brought the influence to the effort of company in Return on Assets, Assets Turn Over and Market Book Value Ratio that are listed in Indonesian Stock Exchange. Partially, the first hypothesis showed that Intellectual Capital as independent variable and Laverage as dependent variable brought influence to Return On Assets, while the second hypothesis showed that Intellectual Capital influenced Assets Turn Over, and the third hypothesis showed that Intellectual Capital as independent variable influenced Market Book Value Ratio.
Collections
- MT - Management [509]