Simpan Pinjam Wanita Tani Dalam Koperasi Credit Union (Studi Kasus : Credit Union Ulih Encari Desa Sugau Dan Credit Union Tawar Bangger Desa Tiang Layar, Kecamatan Pancur Ba Tu, Kabupa Ten Deli Serdang)
Abstract
Adapun metode penentuan daerah penelitian ini dilakukan secara purposive dan pengambilan sampel dilakukan secara siratified random sampling, dengan besar petani sampel sebanyak 30 orang. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis statistik uji korelasi Rank Spearman dan analisis statistik Regresi linier berganda.
Adapun hasil-hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut:
1 kemajuan CU di daerah penelitian yang hanya mempunvai anggota dan pengurus wanita dalam hal : pertambahan jumlah anggota, pertambahan jumlah simpanan dan banyaknya jumlah anggota CU yang mengikuti pendidikan yang dilaksanakan CU.
2. Ada variabel yang diteliti berpengaruh positif dan ada juga variabel yang tidak berpengaruh positif terhadap jumlah simpanan.
a. Jumlah tanggungan tidak berpengaruh nyata terhadap jumlah simpanan sedangkan umur, pendidikan formal, lamanya meminjam dan lamanya sebagai anggota berpengaruh nyata positif dengan jumlah simpanan.
b. Pengaruh pendidikan terhadap simpanan secara parsial adalah : materi pendidikan (berpengaruh nyata positif), waktu diadakan pendidikan, cara penyampaian pendidikan, frekuensi mengikuti pendidikan dan manfaat pendidikan yang tidak berpengaruh nyata.
c. Apabila dilihat pendidikan secara umum maka terdapat korelasi yang berpengaruh nyata positif antara sistem pendidikan CU terhadap jumlah simpanan.
3 Ada \ariabel >ang diteliti berpengaruh positif dan ada juga variabel >ang tidak berpengaruh positif terhadap jumlah pinjaman.
a l inu' pendidikan formal larnarua meminjam dan lamanva sebagai anggota tidak berpengaruh nyata terhadap jumlah pinjaman sedangkan jumlah tanggungan berpengaruh nyata positif dengan jumlah pinjaman.
b. Pengaruh pendidikan terhadap pinjaman secara parsial adalah : frekuensi mengikuti pendidikan (berpengaruh nyata positif), materi pendidikan, waktu diadakan pendidikan, cara penyampaian pendidikan dan manfaat pendidikan yang tidak berpengaruh nyata.
c. Apabila dilihat pendidikan secara umum maka terdapat korelasi yang tidak berpengaruh nyata terhadap jumlah pinjaman.