Peranan Notaris Dalam Persekongkolan Tender Barang/Jasa Pemerintah Terkait Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 Tentang Larangan Praktek Monopoli Dan Persaingan Usaha Tidak Sehat
Abstract
Ketentuan dan peraturan mengenai pengadaan barang dan jasa pemerintah
relatif sangat dinamis dan berkembang responsif terhadap berbagai macam keadaan.
Salah satu bentuk tindakan yang dapat mengakibatkan persaingan tidak sehat adalah
persekongkolan dalam tender, yang merupakan salah satu bentuk kegiatan yang
dilarang oleh UU No. 5 Tahun 1999. Persekongkolan tender (atau kolusi tender)
terjadi ketika pelaku usaha, yang seharusnya bersaing secara tertutup, bersekongkol
untuk menaikkan harga atau menurunkan kualitas barang atau jasa untuk para
pembeli yang ingin memperoleh produk atau jasa melalui suatu proses pengadaan.
Notaris sebagai pembuat akta para peserta yang mengikuti tender juga dapat dijadikan
subjek dalam persekongkolan tender.
Ada beberapa permasalahan yang akan dibahas, yaitu Bagaimana peranan
Notaris apabila terbukti adanya persekongkolan dalam tender terkait Undang Undang
Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha
Tidak Sehat dan bagaimana mekanisme untuk mengantisipasi apabila terjadi
persekongkolan tender barang/jasa pemerintah terkait Undang-Undang Nomor 5
Tahun 1999. Sifat dari penelitian ini adalah bersifat deskriptif analisis, dengan
pendekatan yuridis normatif. Bahan utama dari penelitian ini adalah data sekunder
yang dilakukan dengan menghimpun bahan-bahan berupa bahan hukum primer,
bahan hukum sekunder dan bahan hukum tertier.
Seorang notaris tidak bisa dihukum apabila telah menjalankan tugasnya
dengan benar. Persekongkolan tender seringkali mencakup mekanisme untuk
mengalokasikan dan mendistribusikan laba diperoleh sebagai hasil harga kontrak
yang lebih tinggi diantara para pelaku usaha yang bersekongkol. Berdasarkan Putusan
KPPU Nomor 41/KPPU-L/2008, indikasi keterlibatan notaris dapat dilihat dari
beberapa hal, antara lain masuknya Akta Perubahan Anggaran Dasar. Notaris bukan
berarti steril (bersih) dari hukum atau tidak dapat dihukum atau kebal terhadap
hukum. Notaris bisa saja dihukum pidana, jika dapat dibuktikan Notaris bersamasama
dengan para pihak/penghadap untuk membuat akta dengan maksud dan tujuan
untuk menguntungkan pihak atau penghadap tertentu saja
Mekanisme untuk mengantisipasi apabila terjadi persekongkolan tender
barang/jasa pemerintah terkait UU Nomor 5 Tahun 1999, pelaku usaha maupun
panitia/ penyelenggara dapat mencari informasi sebelum menyusun proses
pengadaan, menyusun proses tender untuk memaksimalkan partisipasi penawar
potensial yang bersaing, tentukan persyaratan dengan jelas dan hindari adanya
perkiraan, merancang proses tender diantara peserta tender, hati-hati dalam memilih
kriteria untuk mengevaluasi dan mengumumkan pemenang tender. Rules and regulations regarding the procurement of goods and services of the
government are relatively very dynamic and responsively evolves to a variety of the
circumstances. One form of the actions that could lead to unhealthy competition is a
conspiracy in the tender which is one form of activity that is prohibited by Law No.
5/1999. Tender conspiracy (collusive tendering) occurs when a businessman, who is
supposed to compete in a closed athmosphere, conspires to raise prices or lower
quality of goods or services for buyers who want to acquire products or services
through a procurement process. A notary who deeds of the people who participate in
the tender can also be used as subjects in the tender conspiracy.
There were several issues to be addressed in this study. First, how the role of
a notary if he was proven to commit a conspiracy in the tender relating to the Law
No. 5 year 1999 on the Prohibition of Monopolistic Practices and Unhealthy
Business Competition was. Secondly, how the mechanisms to anticipate the event of
tender conspiracy of goods / services of the government relating to Law No. 5 year
1999 was. The nature of this research was descriptive analysis using a normative
juridical approach. The main source of this research was secondary data obtained by
collecting materials in the form of primary law, secondary law, and tertiary law.
A notary cannot be punished if he has done his job properly. Tender
conspiracy often includes mechanisms to allocate and distribute the profits derived
from the contract price which was higher among the conspiring businessmen. Based
on the decision of KPPU No. 41/KPPU-L/2008, an indication of the involvement of a
notary can be considered from several matters, among others, the inclusion of
Amendment of Articles of Association. A notary cannot be concerned to the law. He
may be convicted of a crime, if he can be proven together with the parties to make the
deed with the intention to benefit a particular party.
The mechanisms to anticipate the event of tender conspiracy of goods /
services of the government relating to Law No. 5 year 1999 are that the businessmen
and the committees / organizers may seek information before making the
procurement process, prepare the tender process to maximize the participation of
potential competing bidders, determine the requirements clearly and avoid any
estimation, design the tender process among bidders, and be careful in selecting
criteria to evaluate and announce the winning bidders.
Collections
- MT - Kenotariatan [856]