• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers (SP)
    • Agriculture
    • SP - Agribusiness
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers (SP)
    • Agriculture
    • SP - Agribusiness
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Perpindahan Merek Produk Minyak Goreng Dengan Menggunakan Rantai Markov

    Thumbnail
    View/Open
    Appendix (269.8Kb)
    Reference (215.8Kb)
    Chapter III-VI (481.0Kb)
    Chapter II (283.8Kb)
    Chapter I (220.9Kb)
    Abstract (211.4Kb)
    Cover (258.9Kb)
    Date
    2012-01-13
    Author
    Tumanggor, Sabam D.
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Sabam Dameriama Tumanggor (070304029) dengan judul skripsi ”Analisis Perpindahan Merek Produk Minyak Goreng dengan Menggunakan Rantai Markov“. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Ir. Luhut Sihombing, MP dan Ir. Thomson Sebayang, MT. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pola perpindahan merek minyak goring dari satu merek ke merek lainnya yang dilakukan oleh ibu rumah tangga, untuk menganalisis apa saja yang menjadi pertimbangan ibu rumah tangga dalam memilih dan berpindah merek minyak goreng, dan untuk menganalisis pangsa pasar merek minyak goreng di masa mendatang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif dengan melakukan penyajian hasil informasi dari ibu rumah tangga sebagai konsumen minyak goreng dengan berbagai merek. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Hasil dari penelitian ini adalah Konsumen yang beralih ke merek Sania dan Sunco lebih banyak bila dibandingkan dengan konsumen yang pindah dari kedua merek tersebut masing-masing sebesar 25,0% dan 7,7%. Sedangkan jumlah konsumen yang berpindah dari merek Bimoli, Tropical, Filma, dan merek lainnya (Avena, Madina, Kunci Mas, dan curah) lebih banyak bila dibandingkan dengan konsumen yang beralih ke merek-merek tersebut yaitu masing-masing sebesar 3,8%, 2,0%, 21,2%, dan 9,6%. Sebagian besar (22,2%) dari konsumen yang memilih minyak goreng merek Bimoli karena tergolong produk terkenal, mudah diperoleh (tersedia di banyak toko/kedai), dan kebiasaan dari keluarga. Selanjutnya masing-masing konsumen minyak goreng merek Sania, Filma, dan lainnya (Avena, Madina, Kunci Mas, dan curah) sebesar 52,4%, 60%, dan 100% mengatakan adalah dikarenakan harganya ekonomis/murah. Kemudian 36,4% konsumen Sunco mengatakan adalah karena tergolong produk terkenal dan informasi nilai gizi yang ditawarkan, dan 66,7% konsumen Tropical mengatakan adalah karena prosesnya dua kali penyaringan. Sedangkan secara umum 40,4% konsumen mengatakan alasan berpindah merek minyak goreng adalah sekedar mencoba atau kebutuhan mencari variasi lain. Diprediksi minyak goreng merek Bimoli, Sania, dan Sunco akan menguasai pangsa pasar pada satu tahun mendatang masing-masing sebesar 39,40%, 25,10%, dan 20,50% kemudian masing-masing sebesar 39,30%, 24,30%, dan 22,30% pada dua tahun mendatang sejak tahun 2011.
    URI
    http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/30824
    Collections
    • SP - Agribusiness [806]

    University of Sumatera Utara Institutional Repository (USU-IR)
    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsSubjectsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsSubjectsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    University of Sumatera Utara Institutional Repository (USU-IR)
    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV