Menentukan Urutan Prioritas Produk Berdasarkan Preferensi Konsumen Dengan Menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP)
Abstract
Analytic Hierarchy Process (AHP) merupakan suatu metode pengambilan keputusan terhadap masalah penentuan prioritas pilihan dari berbagai alternatif. Penggunaan AHP dimulai dengan membuat struktur hirarki dari permasalahan yang ingin diteliti. Matriks perbandingan berpasangan digunakan untuk membentuk hubungan di dalam struktur. Pada matriks perbandingan berpasangan tersebut akan dicari bobot dari tiap tiap kriteria dengan cara menormalkan rata-rata geometrik (geometric mean) dari pendapat responden. Nilai eigen maksimum dan vektor eigen dinormalkan akan diperoleh dari matriks ini. Pada proses menentukan faktor pembobotan hirarki maupun faktor evaluasi, uji konsistensi harus dilakukan.
Penerapan AHP dalam penelitian ini adalah menentukan urutan prioritas jenis produk serbet dari kertas tisu yang paling diminati konsumen. Hasil analisis AHP diperoleh kesimpulan bahwa jenis produk X menjadi prioritas utama minat konsumen. Analytic Hierarchy Process (AHP) is a decision making method on determining the priority alternative of any alternatives. Application of AHP is begin by making the hierarchy structure of studied problem. The pair-wise comparison matrix is used to form a correlation in structure. In this matrix, the weight of each criteria is determined by normalization of geometric mean from responden opinion. Normalized maximum eigen value and eigen vector will obtained from this matrix. In the process of performing the hierarchy weighting factor or evaluation factor, the consistency must be conducted.
AHP application in this research is determine priority sequence kind of napkin product from tissue that most interested by consumer. Analysis result of AHP is obtained conclusion that kind of X product be prime priority consumer interesting.
Collections
- SP - Mathematics [1451]