Pengaruh Administrasi BFI (Big Five Inventory) Terhadap Hasil Tes BFI
Abstract
Manusia sebagai Homo economicus, tidak akan pernah lepas dari pemenuhan kebutuhan. Salah satu cara yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan adalah dengan membeli suatu barang atau jasa. Perilaku membeli dikenal juga dengan berbelanja. Sekarang ini belanja tidak hanya merupakan suatu konsep untuk mendapatkan barang yang menjadi keperluan sehari-hari, namun orang berbelanja juga untuk memenuhi hasrat atau dorongan emosional dari dalam dirinya yang terjadi tanpa adanya perencanaan atau pemikiran terlebih dahulu. Kecenderungan ini disebut dengan kecenderungan pembelian impulsif.
Aspek psikologis yang terkait dengan pembelian impulsif salah satunya adalah trait atau kepribadian manusia. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode korelasional yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh dimensi big five personality terhadap kecenderungan pembelian impulsif. Penelitian ini melibatkan 104 mahasiswa S1 Fakultas Kedokteran USU angkatan 2009. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode random sampling dan diolah dengan uji analisa regresi berganda. Alat ukur yang digunakan adalah skala dimensi big five personality dan skala kecenderungan pembelian impulsif yang disusun oleh peneliti.
Hasil analisa data menunjukkan terdapat pengaruh dimensi big five personality terhadap kecenderungan pembelian impulsif. Dimensi-dimensi big five personality yaitu : extraversion, openness to new experience, dan conscientiousness berpengaruh signifikan terhadap kecenderungan pembelian impulsif. Implikasi dari hasil penelitian ini berguna bagi produsen untuk mengetahui bagaimana pengaruh dimensi big five personality terhadap kecenderungan pembelian impulsif.
Collections
- SP - Psychology [723]