Analisis Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Sikap dan Keputusan Mahasiswa dalam Memilih Kuliah Pada Lembaga Politeknik Mandiri Bina Prestasi Medan
Abstract
Elperida J Sinurat, 2011, Analisis Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Sikap dan Keputusan Mahasiswa dalam Memilih Kuliah Pada Lembaga Politeknik Mandiri Bina Prestasi Medan, dibawah bimbingan Prof Dr. Amrin Fauzi (ketua), Dr. Endang S Rini, M.Si (anggota).
Politeknik Mandiri Bina Prestasi Medan merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang saat ini dipercaya oleh masyarakat Sumatera Utara. Dalam 5 (lima) tahun terakhir mengalami trend naik turun atas jumlah mahasiswa baru. Tahun 2007 terjadi kenaikan jumlah mahasiswa namun 2 (dua) tahun berikunya mengalami penurunan dan selanjutnya tahun 2010 mengalami perubahan yang lebih baik, akan tetapi hal ini tidak dapat dijadikan patokan bahwa sikap mahasiswa terhadap Politeknik MBP Medan lebih baik. Trend naik-turun ini diduga karena strategi bauran pemasaran jasa yang dilakukan seperti produk, harga, promosi, tempat, orang, proses dan pelayanan konsumen.
Perumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap sikap mahasiswa? dan bagaimana pengaruh sikap mahasiswa terhadap keputusan mahasiswa memilih kuliah pada lembaga Politeknik Mandiri Bina Prestasi Medan?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran jasa yang diberikan Politeknik Mandiri Bina Prestasi Medan terhadap sikap mahasiswa dan untuk menganalisis pengaruh sikap mahasiswa terhadap keputusan memilih kuliah pada lembaga Politeknik Mandiri Bina Prestasi Medan. Jumlah sampel yang digunakan adalah 92 orang mahasiswa dengan teknik proportionate stratified random sampling. Data yang dikumpulkan menggunakan wawancara, angket, dan studi dokumentasi dengan satuan pengukuran Skala Likert yang diuji terlebih dahulu menggunakan uji validitas dan reliabilitas dengan sampel sebanyak 30 orang mahasiswa AMIK MBP Medan.
Hasil penelitian menunjukkan variabel produk, harga, promosi, tempat, orang, proses dan pelayanan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap sikap mahasiswa Politeknik Mandiri Bina Prestasi Medan. Secara parsial variabel proses dan harga berpengaruh signifikan terhadap sikap mahasiswa Politeknik Mandiri Bina Prestasi Medan. Variabel proses adalah yang paling dominan berpengaruh terhadap sikap mahasiswa. Hasil hipotesis kedua melalui uji t menunjukkan sikap mahasiswa berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa memilih kuliah pada Lembaga Politeknik MBP Medan. Elperida J Sinurat, 2011, The Analysis of Strategy Influence Marketing Mix Services Toward Attitude and Student’s Decision In Choosing Study at Politeknik Mandiri Bina Prestasi Medan, under the guidence of Prof. Dr. Amrin Fauzi (chairman), Dr. Endang S Rini, M.Si (member).
Politeknik Mandiri Bina Prestasi Medan is a private institution that has been trusted by the community of North Sumatera. In five years recently has been trend ups and down for developing of total new students. In 2007, it happened increasing the total new student’s but two years later, it had decreased and then in 2010 has changed be better, but it can not be used as standart that student’s attitude towardsthe Politeknik MBP is better. The trend ups-down the new student’s is supposed of the strategy marketing mix services had been done as, product, price, promotion, place, people, process and customer service.
Identification on this study is to identify and analyze how the influencing of marketing mix service towards the student’s attitude and how the influencing of the student’s attitude towards the student’s decision to choose studying at Politeknik MBP. The purpose of this study is to analyze the influencing of the marketing mix service that has been given by Politeknik MBP. The samples of used in study is 92 students by using the proportioned stratified random sampling. The data was collected by using interview, questionaire and documentary study with Likert Scale standard of measurement, where the data earlier had tested by using the validity test and reliability test on 30 samples in (AMIK) Medan Business Polytechnic Medan.
The result of F test shows that product, price, promotion, place, people, process, and customer service significantly towards the influence student’s attitude. As partial, process and price variabel significantly towards the influence students attitude of Politeknik MBP Medan. The process variabel is the most dominant to influence the student’s attitude. The second result of t test shows the student attitude influence towards the decision to choose studying at Politeknik MBP Medan.
Collections
- MT - Management [509]