• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers (SP)
    • Social Sciences and Politics
    • SP - Social Welfare
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers (SP)
    • Social Sciences and Politics
    • SP - Social Welfare
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Evaluasi Pelaksanaan Program Penguatan Kelompok Anak Jalanan Oleh Yayasan Kelompok Kajian Sosial Perkotaan (KKSP) Medan

    Thumbnail
    View/Open
    Reference (445.1Kb)
    Chapter III-VI (736.8Kb)
    Chapter II (549.0Kb)
    Chapter I (465.9Kb)
    Abstract (442.2Kb)
    Cover (531.4Kb)
    Date
    2011-05-09
    Author
    Haryati, Erlina
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Sejak tahun 1991, Yayasan Kelompok Kajian Sosial Perkotaan (KKSP) memulai ide program pendampingan anak jalanan. Dalam penanganan masalah anak jalanan, Yayasan KKSP mempunyai dua pendekatan. Pendekatan eliminasi dan pendekatan kultur melalui program penguatan kelompok. Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi pelaksanaan program penguatan kelompok yang dilakukan oleh Yayasan Kelompok Kajian Sosial Perkotaan (KKSP) Medan. Untuk memberdayakan anak jalanan dengan melihat dari segi pendidikan, keterampilan, dan sikap dengan pendekatan Before and after comparisons. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan populasi sebanyak 20 orang. Dalam hal ini, seluruh populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data yang diperoleh dalam penelitian yaitu melalui data primer (kuesioner, dan wawancara) dan data sekunder (studi kepustakaan). Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisa deskriptif kualitatif dimana data yang dikumpulkan, ditabulasikan dalam bentuk distribusi frekuensi dan kemudian dianalisa. Dari hasil analisa yang dilakukan dapat diketahui bahwa program penguatan kelompok anak jalanan oleh Yayasan KKSP Medan sudah baik dalam memberdayakan anak jalanan. Hal ini terbukti karena adanya perubahan dan perkembangan positif yang dialami oleh anak – anak jalanan. Anak – anak jalanan menjadi memiliki wawasan dan keterampilan yang lebih dari sebelumnya dan anak jalanan dapat diterima baik oleh lingkungan sosial mereka yang selama ini dipandang sebelah mata, sampai dengan mereka mempunyai posisi tawar dengan melakukan pementasan diberbagai kegiatan.
    URI
    http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/23917
    Collections
    • SP - Social Welfare [448]

    University of Sumatera Utara Institutional Repository (USU-IR)
    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsSubjectsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsSubjectsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    University of Sumatera Utara Institutional Repository (USU-IR)
    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV