dc.description.abstract | Mata pelajaran Biologi adalah cabang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) atau
sains yang khusus mempelajari tentang segala hal yang berkaitan dengan
kehidupan di permukaan bumi (Prawirohartono, 2004). Berdasarkan penelitian
yang dilakukan pada Siswa SMU Negeri se-Indonesia yang dilakukan oleh Badan
Pemeriksaan dan Pengawasan Hasil Studi diperoleh kesimpulan bahwa hasil
belajar IPA siswa secara nasional dinilai masih rendah yaitu, pada Biologi, Fisika,
Kimia. Rendahnya nilai yang diperoleh siswa ini disebabkan masih digunakannya
sistem pendidikan tradisional maupun guru yang cenderung verbalisme dalam
mengajar (Hartono, 2006). Perkembangan teknologi pada dunia pendidikan
menyebabkan para pengajar memiliki pilihan terhadap berbagai media yang
tersedia. Pemanfaatan media pembelajaran yang sesuai dengan materi yang
hendak diajarkan dapat meningkatkan hasil belajar biologi (Sukamto, 2006). Salah
satu media pembelajaran yaitu torso. Penilaian berperan sebagai barometer untuk
mengukur tercapai atau tidaknya tujuan yang telah ditetapkan (Shabri, 2005).
Sarana yang digunakan dalam melakukan penilaian hasil belajar berupa tes
(Sudjana, 2005).
Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada
pengaruh torso terhadap kemampuan memori dengan melakukan penelitian
bersifat eksperimen dengan nama rancangan Matched Two Groups Design,
Posttest Only yang terbagi menjadi dua kelompok yakni kelompok kontrol dan
kelompok ekspermen. Jumlah subjek dalam penelitian ini sebanyak 15 orang per
kelompok yang merupakan siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Binjai yang dipilih
dengan menggunakan metode purposive sampling secara sistematis. Alat ukur
yang digunakan adalah tes hasil belajar biologi yang peneliti rancang sendiri
berdasarkan materi sistem pencernaan manusia yang akan diajarkan oleh guru
biologi. Tes hasil belajar biologi ini terdiri dari 20 aitem pertanyaan dalam bentuk
soal pilihan ganda dengan reliabilitas sebesar 0.770.
Metode analisa data yang digunakan adalah independent sample t-test,
diperoleh nilai signifikansinya sebesar 0.800 yang lebih besar dari pada nilai taraf
kepercayaan 0.05 sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa tidak terdapat
pengaruh torso terhadap hasil belajar biologi secara signifikan yang memiliki
effect sizes (d) = 0.133 atau 13,3 %. Dengan demikian besar pengaruh torso
terhadap hasil belajar biologi adalah kecil. | en_US |