Show simple item record

dc.contributor.authorArdiyati, Eka Diyah
dc.date.accessioned2011-05-03T01:51:06Z
dc.date.available2011-05-03T01:51:06Z
dc.date.issued2011-05-03
dc.identifier.otherFredo Hasugian
dc.identifier.urihttp://repository.usu.ac.id/handle/123456789/23631
dc.description031301053en_US
dc.description.abstractMata pelajaran Biologi adalah cabang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) atau sains yang khusus mempelajari tentang segala hal yang berkaitan dengan kehidupan di permukaan bumi (Prawirohartono, 2004). Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada Siswa SMU Negeri se-Indonesia yang dilakukan oleh Badan Pemeriksaan dan Pengawasan Hasil Studi diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar IPA siswa secara nasional dinilai masih rendah yaitu, pada Biologi, Fisika, Kimia. Rendahnya nilai yang diperoleh siswa ini disebabkan masih digunakannya sistem pendidikan tradisional maupun guru yang cenderung verbalisme dalam mengajar (Hartono, 2006). Perkembangan teknologi pada dunia pendidikan menyebabkan para pengajar memiliki pilihan terhadap berbagai media yang tersedia. Pemanfaatan media pembelajaran yang sesuai dengan materi yang hendak diajarkan dapat meningkatkan hasil belajar biologi (Sukamto, 2006). Salah satu media pembelajaran yaitu torso. Penilaian berperan sebagai barometer untuk mengukur tercapai atau tidaknya tujuan yang telah ditetapkan (Shabri, 2005). Sarana yang digunakan dalam melakukan penilaian hasil belajar berupa tes (Sudjana, 2005). Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh torso terhadap kemampuan memori dengan melakukan penelitian bersifat eksperimen dengan nama rancangan Matched Two Groups Design, Posttest Only yang terbagi menjadi dua kelompok yakni kelompok kontrol dan kelompok ekspermen. Jumlah subjek dalam penelitian ini sebanyak 15 orang per kelompok yang merupakan siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Binjai yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling secara sistematis. Alat ukur yang digunakan adalah tes hasil belajar biologi yang peneliti rancang sendiri berdasarkan materi sistem pencernaan manusia yang akan diajarkan oleh guru biologi. Tes hasil belajar biologi ini terdiri dari 20 aitem pertanyaan dalam bentuk soal pilihan ganda dengan reliabilitas sebesar 0.770. Metode analisa data yang digunakan adalah independent sample t-test, diperoleh nilai signifikansinya sebesar 0.800 yang lebih besar dari pada nilai taraf kepercayaan 0.05 sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa tidak terdapat pengaruh torso terhadap hasil belajar biologi secara signifikan yang memiliki effect sizes (d) = 0.133 atau 13,3 %. Dengan demikian besar pengaruh torso terhadap hasil belajar biologi adalah kecil.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectHasil Belajar Biologien_US
dc.subjectTorsoen_US
dc.titlePengaruh Torso Terhadap Hasil Belajar Biologi (Studi Eksperimental Terhadap Siswa SMP Negeri 6 Binjai)en_US
dc.typeStudent Papersen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record