Sistem Pakar Pada Perangkat Mobile Untuk Mendeteksi Kerusakan Docucenter 235
Abstract
Perkembangan perangkat mobile membantu dalam menyajikan informasi dengan cepat dan efisien. Sistem pakar adalah cabang dari kecerdasan buatan untuk penyelesaian masalah tingkat manusia yang pakar. Penelitian ini mengimplementasikan kerja sistem pakar dengan metode backward chaining yang sangat cocok untuk mendiagnosis. Pada implementasinya user diberikan pilihan “ya” atau “tidak” terhadap pertanyaan yang diberikan sistem. Pertanyaan ini disusun berdasarkan pengalaman teknisi dilapangan maupun dari buku panduan penanganan Docucenter 235. Dari sistem pakar ini dihasilkan instruksi yang digunakan untuk mendeteksi kerusakan Docucenter 235 sebagai diagnosis awal. Development for mobile device is relieve to give efficient and faster information. Expert system is subdivision of artificial intelligence for solving in expert human problems. This study for implementation expert system working with backward chaining method that compatible for diagnose. In implementation, system giving user option “Yes” or “No” for answer some question. Those questions are pack based on technician experience and from guide book to solve troubleshooting for Docucenter 235. This expert system produce a directive to detect troubleshooting Docucenter 235 as the first diagnose.
Collections
- SP - Computer Science [1108]