Show simple item record

dc.contributor.advisorTrimurni, Februati
dc.contributor.authorSiska, Yeni
dc.date.accessioned2011-04-06T08:33:52Z
dc.date.available2011-04-06T08:33:52Z
dc.date.issued2011-04-06
dc.identifier.otherFredo Hasugian
dc.identifier.urihttp://repository.usu.ac.id/handle/123456789/22601
dc.description060903029en_US
dc.description.abstractSalah satu fungsi utama pemerintah adalah menyelenggarakan kegiatan pembangunan dan pelayanan sebagai bentuk dari tugas umum pemerintah untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Untuk mampu melaksanakan fungsi pemerintahan dengan baik maka organisasi birokrasi harus profesional, aspiratif dan memiliki daya tanggap yang tinggi terhadap tuntutan masyarakat yang dilayani agar masyarakat pengguna jasa merasa puas terhadap pelayanan yang diterimanya. Pelayanan publik di Indonesia belum menunjukkan kinerja yang efektif, hal ini dipicu oleh berbagai hal yang kompleks mulai dari budaya birokrasi yang bersifat paternalistik, dan kelangkaan komitmen pemerintah daerah untuk menciptakan pelayanan publik yang responsif, akuntabel dan transparan. Badan Pertanahan Nasional (BPN) adalah salah satu instansi penyelenggara layanan publik yang seringkali mendapat kritikan dari masyarakat mengenai proses pensertifikatan tanah yang berbelit-belit, biaya yang mahal, dan waktu penyelesaian yang sangat lama. Oleh karena itu BPN Kota Medan harus berusaha memperbaiki citranya di mata masyarakat pengguna jasa dengan cara meningkatkan penerapan responsivitas birokrasi untuk menciptakan kepuasan masyarakat. Penulisan ini bertujua untuk mengetahui pengaruh penerapan responsivitas birokrasi terhadap kepuasan masyarakat di BPN Kota Medan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian korelasional dengan analisis kuantitatif. Hipotesis yang dikemukakan adalah “Penerapan responsivitas birokrasi berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat”. Data yang diperoleh dari 60 orang responden yang merupakan masyarakat pengguna jasa di BPN Kota Medan melalui kuesioner, dan kemudian dianalisis dengan koefesien korelasi product moment dan koefesien determinan. Analisis tersebut menunjukan hasil bahwa penerapan responsivitas birokrasi mempunyai pengaruh terhadap kepuasan masyarakat pengguna jasa di BPN Kota Medan, dan pengaruhnya berada dalam kategori kuat. Hal ini terbukti dari perhitungan r = 0,603, dan ini berarti koefesien korelasi menunjukan hubungan yang positif antara responsivitas birokrasi terhadap kepuasan masyarakat dengan signifikasi sebesar 36,36%. Ini dapat diartikan bahwa kepuasan masyarakat pengguna jasa di BPN Kota Medan dipengaruhi oleh responsivitas birokrasi sebesar 36,36%, dan sisanya 63,64% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPelayanan Publiken_US
dc.subjectKepuasan Masyarakaten_US
dc.titlePengaruh Responsivitas Birokrasi Terhadap Kepuasan Masyarakat Dalam Penerbitan Sertifikat Tanah Di Badan Pertanahan Nasional Kota Medanen_US
dc.typeStudent Papersen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record