Show simple item record

dc.contributor.advisorArifin, Zairul
dc.contributor.authorAhmad, Herwindo
dc.date.accessioned2011-01-12T04:43:40Z
dc.date.available2011-01-12T04:43:40Z
dc.date.issued2011-01-12
dc.identifier.otherMuswita Widya Rahma
dc.identifier.urihttp://repository.usu.ac.id/handle/123456789/21573
dc.description070100008en_US
dc.description.abstractMenurut bentuk dan struktur selnya, makhluk hidup dibedakan menjadi dua yaitu makhluk hidup bersel banyak dan makhluk hidup bersel satu, makhluk ini tidak dapat dilihat dengan mata. Salah satu alat bantu yang sering digunakan dalam penelitian atau pengamatan tentang organisme yang tidak dapat dilihat dengan mata, terutama dalam bidang biologi dan kedokteran adalah mikroskop. SMA Negeri I Medan pada tahun 2010 sudah memiliki 20 unit mikroskop. Materi pelajaran mengenai mikroskop sudah diajarkan, tetapi dari hasil wawancara terhadap terhadap 10 siswa, diketahui bahwa 7 dari 10 siswa tersebut masih ada yang tidak bisa menggunakan mikroskop dengan baik. Dengan adanya masalah tersebut maka dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan siswa SMA Negeri I Medan terhadap penggunaan mikroskop. Penelitian ini menggunakan metode “Deskriptif”. Penelitian dilakukan pada bulan Juli 2010 di SMA Negeri I Medan, dengan menggunakan teknik stratified random sampling, sampel yang digunakan sebanyak 220 orang. Data dikumpulkan dengan memberikan kuesioner, kemudian hasil ditabulasi dan dilakukan pengolahan pada tiap-tiap jawaban. Skor masing-masing kemudian dianalisa, yang hasilnya dihasilkan dalam bentuk presentase, kemudian diinterpretasikan dengan skala kualitatif dengan kriteria tinggi (>75%), menengah (50-75%), rendah (5-40%), dan tidak berpengetahuan (<5%). Setelah dilakukan penelitian didapatkan data dari 220 responden mengenai tingkat pengetahuan siswa SMA Negeri I Medan terhadap penggunaan mikroskop. Hasil rata-rata adalah menengah (57,3%). Hal ini dapat disebabkan kurangnya informasi dari guru mengenai langkah-langkah menggunakan mikroskop yang benar, ataupun siswa kurang memahami apa yang disampaikan oleh guru. Untuk itu, perlu ditingkatkan penjelasan mengenai langkah-langkah dan hal-hal yang perlu diperhatikan ketika menggunakan mikroskop.en_US
dc.description.abstractAccording to the form and structures of the cell, the living organism is classified into living organism with more cell and with one cell where the last one is not visible. One of tool used in this research or in observation about the invisible organism in biology and medical science is microscope. SMA Negeri I Medan in 2010 has 20 units of microscope. The subject about microscope had taught but the interview of 10 students, 7 of them still indicated who can not used the microscope. Based on the problem, a research was conducted to study the knowledge level of the student of SMA Negeri I Medan in using microscope. This research applies the descriptive method. This research was conducted in July 2010 at SMA Negeri I Medan using the stratified random sampling where the sample is 220 persons. The data was collected by questionnaire and be tabulated and processed for each answer. The scores were analyzed and the results are presented in percentage form and interprated by qualitative scale with the higher criteria (>75%), medium (50-75%), lower (5-40%) and without knowledge (<5%). Based on the research indicated that data of 220 respondents about the knowledge level of student of SMA Negeri I Medan in using microscope. The average is medium (57,3%). This caused by the lack of information from the teacher about the steps in using microscope or the student did not understand about what the teacher told. Therefore, it must to provide the explanation about the steps and anything must be considered when using microscope.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectTingkat Pengetahuanen_US
dc.subjectMikroskopen_US
dc.titleTingkat Pengetahuan Siswa SMA Negeri I Medan Terhadap Penggunaan Mikroskopen_US
dc.typeStudent Papersen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record