Pendekatan Algoritma Pemrograman Dinamik Dalam Menyelesaikan Persoalan Knapsack 0/1
Abstract
Dynamic Programming is a method of solving problems by way of describing a solution
to a set of steps or stages such that the solution of the problem can be viewed from a
series of interrelated decisions. In this paper discusses the use of Dynamic Programming
algorithm to find optimal solutions to the Knapsack Problem 0 / 1. Knapsack Problems 0 /
1 is defined to determine the shortest path from point source to the destination that meets
the cost and time constraints on a graph. Chosen path is value 1 and not selected path is 0
then implemented into a program with using Visual Basic 6.0. Pemrograman Dinamik adalah metode pemecahan masalah dengan cara menguraikan
solusi menjadi sekumpulan langkah atau tahapan sedemikian hingga solusi dari persoalan
dapat dipandang dari serangkaian keputusan yang saling berkaitan. Dalam tulisan ini
membahas tentang penggunaan algoritma Pemrograman Dinamik untuk mencari solusi
optimal pada Masalah Knapsack 0/1. Masalah Knapsack 0/1 dapat didefinisikan dalam
menentukan lintasan terpendek dari titik sumber ke tujuan yang memenuhi kendala biaya
dan waktu pada suatu graph. Lintasan yang terpilih bernilai 1 dan yang tidak terpilih
bernilai 0 kemudian diimplementasikan kedalam suatu program dengan menggunakan
Visual Basic 6.0.
Collections
- SP - Mathematics [1451]