Show simple item record

dc.contributor.advisorSihombing, Marlon
dc.contributor.authorMulyani, Yovita Sri
dc.date.accessioned2010-06-24T07:24:03Z
dc.date.available2010-06-24T07:24:03Z
dc.date.issued2010-06-24
dc.identifier.otherFredo Hasugian
dc.identifier.urihttp://repository.usu.ac.id/handle/123456789/18222
dc.description060903070en_US
dc.description.abstractPemanfaatan perpustakaan oleh mahasiswa sangat erat kaitannya dengan proses perkuliahan yang diselenggarakan oleh Perguruan Tinggi. Hal ini karena saat perkuliahan dosen cenderung hanya menyampaikan materi perkualiahan secara garis besarnya saja, sedangkan untuk detailnya mahasiswa diminta mengolah buku-buku yang ada di perpustakaan dan kemudian mata kuliah itu diseminarkan atau didiskusikan. Namum, frekuensi kehadiran mahasiswa ke perpustakaan dipengaruhi oleh pelayanan yang diberikan oleh perpustakaan. Pelayanan perpustakaan yang merupakan aktifitas perpustakaan dalam memberikan jasa layanan kepada pengguna perpustakaan, khususnya pada anggota perpustakaan dapat berupa pada penyediaan fasilitas. Jumlah jenis atau macam layanan pengguna perpustakaan yang dapat diberikan kepada pengguna perpustakaan sesungguhnya cukup banyak. Namun semua layanan tersebut penyelenggaraannya haruslah disesuaikan dengan kondisi tenaga perpustakaan dan kebutuhan penggunanya. Universitas Sumatera Utara (USU) merupakan perguruan tinggi yang berprestasi di Indonesia. Universitas Sumatera Utara (USU) memiliki mahasiswa dalam jumlah yang besar dan banyak tenaga pendidik (dosen) yang dituntut untuk melakukan pekerjaan dengan baik sehingga terlihat prestasi mahasiswa dalam proses belajar mengajar untuk mencapai tujuan pendidikan. Perpustakaan yang merupakan sumber belajar bagi mahasiswa untuk mendapatkan berbagai informasi tentunya mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat pelayanan perpustakaan, untuk mengetahui prestasi belajar mahasiswa, dan untuk mengetahui pengaruh pelayanan perpustakaan terhadap prestasi belajar mahasiswa USU. Dalam penelitian ini hipotesis yang dikemukakan adalah; “Pelayanan Perpustakaan Berpengaruh Positif terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Di Universitas Sumatera Utara (USU)”. Data diperoleh dari 95 responden. Dari hasil penyebaran kuesioner tipe pertanyaan tertutup dengan menggunakan teknik random sampel, kemudian data dianalisa melalui analisa product moment, pengujian hipotesis uji t dan analisa koefisien determinan. Data disajikan dalam bentuk analisa kuantitatif. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa pelayanan perpustakaan berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa dan pengaruhnya berada pada tingkat sedang. Ini terbukti dengan perhitungan koefisien korelasi product moment sebesar 0,492. Dari pengujian hipotesis uji t diperoleh bahwa t hitung > t tabel atau 5,45 > 1,685 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Selanjutnya dengan perhitungan koefisien determinan diperoleh hasil sebesar 24,2% yang berarti bahwa pelayanan perpustakaan mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa sebesar 24,2% dan 75,8% dipengaruhi oleh faktor-faktor yang tidak dibahas dalam penelitian ini.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPelayanan Perpustakaanen_US
dc.subjectPrestasi Belajar Mahasiswa (Keywords)en_US
dc.titlePengaruh Pelayanan Perpustakaan Universitas Sumatera Utara (USU) Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswaen_US
dc.typeStudent Papersen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record