Peran Corporate Social Responsibility PT. Pertamina (Persero) Dalam Membantu Pengembangan Usaha Kecil Menengah
Abstract
Tanggung Jawab Sosial Perusahaan atau yang lebih dikenal dengan nama Corporate Social Responsibility (CSR) adalah suatu bagian yang penting dalam lingkungan bisnis. Selama duapuluh tahun yang lalu sudah terjadi suatu perubahan radikal di dalam hubungan antara bisnis dan masyarakat. Kunci dari perubahan ini telah menjadikan globalisasi di dalam perdagangan, pengaruh peranan perusahaan, membantu pemerintah dalam pemecahan masalah pengangguran. Di sisi lain bantuan modal dari perusahaan besar cukup memberikan peluang agar usaha kecil dapat berkembang. Hubungan-hubungan yang terjalin antara pemerintah, lingkungan dan masyarakat tidak hanya terbatas pada satu pola akitifitas yang bersifat ekonomi saja, seperti pendapatan dari hasil usaha yang dimiliki, melainkan telah terjalin pula satu relasi sosial yang terbangun seiring dengan kegiatan ekonomi yang telah terjadi. Dalam rentang waktu yang tidak begitu lama, adanya campur tangan perusahaan besar telah memberikan dampak yang cukup besar terhadap perkembangan sosial di dalam masyarakat dan perkembangan ekonomi yang lebih luas lagi. Suatu proses interaksi dan komunikasi akan menciptakan lingkaran-lingkaran yang saling berkaitan antara pemerintah, perusahaan besar, lingkungan, dan masyarakat di dalamnya.
Jenis penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus (case study) yang bersifat deskriftif karena mengacu pada objek studi yang diamati situasi dan perilakunya. Studi kasus adalah tipe pendekatan dalam penelitian yang penelaahannya terhadap suatu kasus dilakukan secara mendalam, mendetail, dan komprehensif. Lokasi penelitian berada di PT. Pertamina Pusat (Persero) Jakarta dengan unit analisis adalah para staf PT. Pertamina Pusat dan pengusaha kecil menengah mitra binaan PT. Pertamina di Jakarta, baik yang sedang mengikuti pameran maupun yang berdomisili.
Dari hasil penelitian yang dilakukan terhadap para staf PT. Pertamina Pusat (Persero) dan pengusaha kecil menengah mitra binaan PT. Pertamina yang berada di Jakarta dapat diketahui bahwa keikutsertaan perusahaan dalam mengatasi persoalan ekonomi negara berdampak positif terhadap terciptanya suatu perekonomian masyarakat seperti dalam peningkatan aset, jaringan usaha, pekerja, pendapatan, keahlian, dan perizinan usaha. Maka, diselenggarakanlah program kemitraan oleh PT. Pertamina (Persero) dimana penggunaan dana diambil dari laba BUMN yang disisihkan 1-2% setiap tahunnya. Mitra binaan yang menggunakan dana ini diberi waktu peminjaman 3-5 tahun. Kegiatan Program Kemitraan ini sendiri terdiri dari peminjaman modal, pemberdayaan terhadap mitra binaan, pelatihan, pengembangan usaha, dan juga pameran. Pelaksanaan Program Kemitraan ini adalah salah satu kegiatan program CSR PT. Pertamina (Persero) selain dari pendidikan, kesehatan, dan juga bantuan terhadap korban bencana alam. Pemerintah, pengusaha dan masyarakat bekerja dalam penciptaan kerjasama dan solidaritas serta menjaga hubungan sosial-ekonomi. Sedangkan secara keseluruhan menjaga lingkungan sebagai wujud kepentingan bersama.
Collections
- SP - Sociology [484]